Minuman Yang Sehat

0
418
Minuman Yang Sehat

Minuman Yang Sehat  – Tidak hanya makanan bergizi, minuman sehat juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan sekaligus mengurangi risiko mudah sakit. Seperti yang Anda ketahui, tubuh sebagian besar terdiri dari air, sehingga perlu untuk selalu memenuhi kebutuhan tubuh akan air, agar sistem metabolisme dan fungsi organ dapat berjalan tanpa kendala.

baca juga : Cara Alami Mengatasi Sembelit

Berikut ini daftar minuman sehat yang disarankan antara lain :

Air putih

Air menyediakan satu hal penting, yaitu H2O murni. Zat ini mampu mengembalikan cairan yang hilang melalui metabolisme, pernapasan, keringat, dan pembuangan limbah. Air merupakan minuman yang tepat untuk melepas dahaga dan menyegarkan tubuh, sehingga wajar jika para ahli menganjurkan untuk memperbanyak minum air putih. Namun, jumlah yang Anda butuhkan bergantung pada seberapa banyak Anda makan, kondisi cuaca, dan seberapa aktif Anda.Sehingga selalu disarankan, “minum delapan gelas air sehari” telah menjadi panduan terbaik untuk kebutuhan cairan kebanyakan orang.

Teh dan Kopi

Setelah air, teh dan kopi adalah dua minuman yang paling banyak dikonsumsi di planet ini. Teh dan kopi murni (tanpa pemanis) adalah minuman bebas kalori yang penuh dengan antioksidan, flavonoid, dan zat aktif biologis lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Teh hijau, terutama varietas kuat yang ditawarkan di Jepang, mendapat perhatian karena potensinya untuk melindungi dari penyakit jantung. Pada saat yang sama, kopi dapat membantu melindungi dari diabetes tipe 2. Namun, jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari kedua minuman ini, kurangi tambahan gula dan bahan tidak sehat lainnya.

Susu

Tiga jenis susu tergolong dalam minuman sehat yang direkomendasikan untuk lebih sering dikonsumsi. Jenis susu tersebut antara lain susu rendah lemak, susu skim, dan susu kedelai. Susu adalah sumber kalsium dan vitamin D yang paling penting untuk anak-anak. Susu kedelai fortifikasi merupakan alternatif sumber kalsium dan vitamin D yang baik bagi mereka yang tidak mau minum susu sapi atau alergi susu sapi. Keduanya juga merupakan sumber protein yang sangat baik dan mikronutrien penting lainnya. Namun, bukan berarti Anda bisa meminumnya dalam jumlah banyak. Untuk orang dewasa, sebaiknya batasi susu (dan semua produk susu) hanya satu atau dua gelas sehari.

Minuman Kalori dengan Kandungan Nutrisi

Kategori ini mencakup jus buah, sayuran, susu murni, minuman olahraga, dan air vitamin. Masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan. Jus buah 100% memiliki sebagian besar nutrisi buah, tetapi biasanya memberikan lebih banyak energi. Rekomendasikan tidak lebih dari satu porsi (4 ons) jus buah 100% sebagai bagian dari asupan buah harian Anda.

SHARE