Pemanfaatan Energi Matahari Untuk Industri dan Kebutuhan Rumah Tangga

0
2147
Pemanfaatan Energi Matahari Untuk Industri dan Kebutuhan Rumah Tangga
triazis13.wordpress.com

Pemanfaatan Energi Matahari Untuk Industri dan Kebutuhan Rumah Tangga – Pemanfaatan energi matahari untuk kebutuhan sehari-hari. Energi surya yaitu energi yang berbentuk panas dam juga sinar matahari. Adapun manfaat dari energi matahari ini banyak digunakan untuk fotosintesis buatan. Listrik termal surya, pemanas surya, arsitektur surya dan fotovoltaik surya.

Adapun Pemanfaatan Energi Matahari Untuk Industri dan Kebutuhan Rumah Tangga, digolongkan ke dalam 2 jenis yaitu teknologi pemanfaatan secara aktif dan teknologi pemanfaatan secara pasif. Contoh dimanfaatkannya energi matahari atau surya secara aktif ini yaitu pada panel penyerap panas dan pemanfaatan panel fotovoltaik.
Pemanfaatan Energi Matahari Untuk Rumah Tangga
Sementara untuk contoh pemanfaatan energi matahari secara pasifnya adalah lebih mengacu pada bangunan menuju arah matahari, merancang sebuah ruangan memanfaatkan sirkulasi udara secara alami hingga memilih bangunan berdasarkan massa thermal. Biasanya, energi matahari sendiri dimanfaatkan untuk kebutuhan yang praktis melalui penggunaan radiasi matahari. Ada beberapa contoh pemanfaatan dari energi matahari yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari berikut ini:
– Teknologi Thermal Matahari
Teknologi thermal matahari sendiri bisa dimanfaatkan untuk memanaskan ruangan, memanaskan air, menghasilkan panas dan mendinginkan ruangan.
– Bidang Perkebunan dan Pertanian
Demi produktivitas tanaman yang semakin meningkat, maka pemanfaatan energi matahari dalam bidang perkebunan dan pertanian sendiri dilakukan dengan cara mengoptimalkan penyerapan dari energi matahari ini. Adapun cara untuk meningkatkan produktivitas dari tanaman bisa melalui teknik pengaturan waktu siklus penanaman, tinggi barisan tanaman yang bervariasi, dan pengaturan orientasi dari barisan tanaman itu sendiri.

Meskipun sinar surya atau matahari ini merupakan salah satu sumber daya alam dengan ketersediaan yang melimpah, akan tetapi biasanya penggunaan sinar matahari ini banyak digunakan dan dimanfaatkan khususnya di darah yang memiliki intensitas sinar surya lebih sedikit.
– Sistem Pemanasan Air
Pemanfaatan dari tenaga surya lainnya adalah dimanfaatkan sebagai teknik pemanasan air. Khususnya untuk daerah yang terletak pada garis lintang bujur rendah tepatnya berada di bawah suhu 40 derajat celcius, hampir 70% air panas yang dibutuhkan dalam kebutuhan rumah tangga biasanya dapat diperoleh dengan memanfaatkan sistem tenaga surya hingga temperatur air panas 60 derajat celcius. Adapun sistem pemanas air yang digunakan umumnya kolektor plastik tanpa menggunakan kaca untuk memanaskan air dalam kolam renang dan kolektor plat datar menggunakan kaca yang biasanya dipakai untuk kebutuhan rumah tangga.
– Pengolahan Air
Pemanfaatan energi matahari juga digunakan dalam sistem pengolahan air melalui destilasi surya untuk pembuatan air payau yang bisa diminum. Adapun pemanfaatan tenaga surya melalui sistem destilasi ini pertama kali dilakukan oleh seorang ahli kimia di Arab sejak abad ke -16. Biasanya rancangan alat untuk destilasi ini sendiri terdiri dari destilasi vertikal, miringan ganda, miringan tunggal, multi efek, dan multi sumbu.

Adapun semua alat penyuling atau destilasi ini biasanya bisa digunakan saat beroperasi pada kondisi gabungan, aktif hingga pasif. Penyuling aktif untuk jenis multi efek sendiri biasanya diaplikasikan pada pilot scale atau skala industri besar, sedangkan penyuling jenis miringan ganda ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga karena lebih ekonomis.
– Pengering Pakaian
Nah, untuk pemanfaatan tenaga matahari yang satu ini pasti sudah menjadi keseharian ibu-ibu rumah tangga. Karena tenaga surya atau matahari secara langsung ini berguna untuk mengeringkan baju tepat dijemur di bawah sinar surya. Sehingga membuat baju Anda menjadi lebih kering dan tetap awet.

Nah, itulah beberapa jenis pemanfaatan energi matahari untuk kebutuhan sehari-hari hingga untuk kebutuhan industri-industri yang berhubungan dengan pengolahan air. Semoga bermanfaat!

Inilah artikel tentang Pemanfaatan Energi Matahari Untuk Industri dan Kebutuhan Rumah Tangga. Semoga bermanfaat.

baca juga :Sirkulasi dan Sistem Pengudaraan Dalam Rumah Tinggal

Sumber : http://benergi.com