Pengaturan Feng Shui untuk Ruang Tamu

0
1819
Pengaturan Feng Shui untuk Ruang Tamu

Pengaturan Feng Shui untuk Ruang Tamu – Ruang Tamu merupakan salah satu di antara beberapa ruangan yang penting yang ada di dalam rumah. Di tempat ini biasanya keluarga ataupun teman-teman berkumpul. Oleh sebab itu, ruang tamu harus di isi dengan beberapa furnitur seperti sofa, lukisan, foto, meja tamu dan lain sebagainya. Penataan furnitur bisa dilakukan berdasarkan fengshui.

Untuk menerapkannya, kita harus memasukkan 5 unsur dasar, yaitu tanah/bumi, api, air, metal dan kayu. Kelima unsur tersebut bisa kita hadirkan dalam pemilihan warna atau justru menghadirkan unsur tersebut langsung ke dalam rumah.

Inilah cara Pengaturan Feng Shui untuk Ruang Tamu

  1. Tanah/Bumi ditengah

Unsur tanah/bumi bisa di bawa ke dalam rumah melalui pemilihan warna. Anda bisa memilih warna yang menggambarkan atau membumi seperti, coklat, krem, putih susu. Anda juga bisa menambahkan dekorasi motif hewan, tumbuhan atau bunga.

      Baca juga :

Tips Feng Shui Bikin Rumah Penuh Ketenangan

  1. Unsur api di arah selatan

Api merupakan unsur yang melambangkan cahaya dan kehangatan. Unsur ini biasa di kaitkan dengan pencahayaan di dalam ruangan.  Bisa ditempatkan tempat lilin, mebel kayu dan barang-barang dekorasi kayu lainnya. Warna-warna yang mempresentasikan api adalah kuning, orange dan merah. Tempat TV atau tanaman di selatan melambangkan ketenaran dan rasa hormat.

  1. Metal/Logam di arah barat

Metal/Logam juga merupakan salah satu unsur penting yang vital. Anda bisa menghadirkan unsur ini dengan pemilihan furnitur dari besi seperti meja, rak buku, gagang lilin dan sebagainya. Bila Anda ingin menghadirkan unsur ini dengan warna, pilihlah warna yang mempresentasikan metal/logam seperti abu-abu, kuning, coklat atau biru tua. Sebuah foto keluarga di bingkai logam di dinding Barat membawa keberuntungan.

  1. Unsur air di arah utara

Air sering disebut sebagai sumber kehidupan. Tanpa air, manusia tidak akan dapat bertahan hidup di dunia. Tak ayal bila unsur ini menjadi satu dari 5 unsur penting di alam. Maka, penting untuk menghadirkan air sebagai salah satu dekorasi ruang tamu Anda, misal dengan menciptakan akuarium,kolam ikan, air mancur dalam ruangan. Pastikan airnya selalu mengalir menuju ruang dan tidak keluar agar energi kita bisa terus selaras dengan lingkungan sekitar. Bila Anda tak ingin repot menyediakan hal tersebut, hadirkan nuansa air ini dalam pemilihan karpet, sarung bantal, gorden, tikar, taplak meja, dengan warna biru dan putih. Atau Bisa juga mengantung lukisan bertema sungai, perahu berlayar. Warna yang cocok untuk arah utara adalah hitam / biru.  Menaruh tv dibagian utara membawa keuntungan dalam karier.

  1. Unsur kayu di arah timur

Kayu adalah unsur yang cukup kalem, namun kuat dan tegas. Cukup mudah menghadirkan unsur ini di dalam ruangan, yakni melalui pemilihan furnitur dari kayu, misal meja, kursi, lemari, rak buku, dan benda – benda lain yang terbuat dari kayu. Boleh juga Anda menghadirkan elemen ini dalam warna. Warna – warna yang mewakili unsur kayu adalah hijau dan coklat. Anda bisa menggunakan kedua warna ini sebagai warna dinding Anda.

Tak hanya sekedar menghadirkan kelima unsur di atas, posisi atau penempatan beberapa benda pada ruangan juga turut berperan penting tatkala menerapkan prinsip Feng Shui.

Untuk menata ruangan tamu dengan prinsip Feng Shui ini tidaklah terlalu sulit.

Tips menerapkan Feng Shui yang sederhana untuk ruang tamu Anda.

  1. Ruang tamu harus lapang, nyaman dan menyenangkan.
  2. Dapat menerima cahaya matahari yang cukup dan harus berventilasi.
  3. Letakkan sofa di pojok dan agak jauh dengan pintu dan jendela. Sofa tidak boleh menghalangi kedua elemen tersebut karena merupakan jalan masuknya udara/energi. Pastikan sofa menghadap ke arah pintu namun tidak segaris/sejajar dengan pintu atau jendela karena akan menghalangi aliran energi ketika Anda dan tamu duduk disana. Sambil duduk di sofa utama, Anda harus dapat melihat pintu utama. Jika pintu tidak terlihat kemudian menggunakan cermin untuk melihat pintu.
  4. Hindari adanya ruang kosong yang cukup lebar antara sofa dan dinding. Anda bisa mensisipkan meja kecil atau meja hias untuk mengakalinya.
  5. Jangan letakkan pencahayaan tepat di atas sofa. Lebih baik di tempatkan di tengah-tengah ruangan atau di taruh di samping sofa dengan meja tersendiri.
  6. Gunakan sekat atau partisi untuk memantulkan energi dengan meletakkannya di samping pintu atau jendela sehingga energi positif bisa di transfer ke ruangan lain.
  7. Pilihlah warna-warna bumi untuk di terapkan didinding atau lantai. Warna ini bisa menjadi fondasi di ruang tamu dan tidak kontras jika di padukan dengan motif apapun.
  8. Tempatkan mangkuk dengan kristal, koin, atau berbagai kekayaan simbol di atas meja ruang tamu.
  9. Jika ada pemandangan indah di luar rumah Anda,bisa digantung cermin sedemikian rupa sehingga mencerminkan bahwa lanskap. Ini membawa energi Qi positif.
  10. Menggantung lukisan, poster atau gambar yang hidup dan positif seperti lanskap menyenangkan atau wajah tersenyum dll

Untuk mendapatkan feng shui yang bagus, ada beberapa hal-hal yang harus di hindari di ruang tamu:

  • Hindari jendela belakang sofa utama.
  • Hindari akuarium atau apapun yang berhubungan dengan air di Selatan, Barat atau Barat Utara
  • cermin apapun harus tidak mencerminkan kekacauan, kotoran atau sesuatu yang negatif seperti yang negatif akan tertarik ke rumah Anda.
  • Hindari menempatkan cermin di dinding arah Selatan dan Barat.
  • Hindari tempat perapian  di Utara, Barat, Barat Laut, Tenggara dari ruang tamu feng shui Anda.
  • Pastikan bahwa gambar Anda tidak terlihat di cermin saat Anda sedang berdiri di pintu apapun.
  • Hindari menggantung gambar yang menggambarkan emosi negatif seperti seorang gadis menangis, binatang setan, perang, kejahatan, kesepian dll
  • Hindari memiliki pintu langsung menghadap pintu ruang tamu.
  • Hindari menggantung lukisan laut yang bergolak atau kasar karena menggambarkan perjuangan.

Inilah artikel tentang Pengaturan Feng Shui untuk Ruang Tamu.

LEAVE A REPLY