Penyebab dan Solusinya Untuk Rumah Yang Banyak Semut

0
78

Penyebab dan Solusinya Untuk Rumah Yang Banyak Semut

Hampir setiap rumah pernah mengalami invasi semut yang bisa mengganggu kenyamanan, bahkan menimbulkan masalah kesehatan dan kerusakan pada struktur rumah.

Salah satu penyebab utama semut masuk ke rumah adalah sisa makanan atau remah-remah yang tidak dibersihkan dengan baik, terutama makanan dan minuman manis yang menjadi daya tarik kuat bagi semut.

Selain itu, sampah yang menumpuk dan bangkai serangga seperti kecoa sering kali menjadi penyebab semut berdatangan. Menurut Co-CEO dan Co-Founder Gravel Georgi Ferdwindra Putra, celah-celah di rumah juga menjadi jalan masuk bagi semut.

“Rumah yang banyak celah seperti mengundang semut untuk pesta pora, apalagi jika kondisi rumah tidak bersih,” Untuk itu, dia menyarankan agar menutup rapat celah, seperti jendela, pintu, lantai, dan retakan dinding.

Penyebab dan Solusinya Untuk Rumah Yang Banyak Semut

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Biofilik Adem Meski Tanpa AC

Penyebab dan Solusinya Untuk Rumah Yang Banyak Semut

Untuk mencegah semut masuk, sumber daya tarik mereka harus dihilangkan. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Jaga Kebersihan

Pastikan tidak ada sisa makanan atau tumpahan minuman yang tertinggal. Cuci piring dan peralatan makan segera setelah digunakan. Kemudian, simpanan makanan dalam wadah tertutup rapat.

Tutup Tempat Sampah

Gunakan tempat sampah dengan tutup yang rapat dan buang sampah secara teratur. Tempat sampah yang terbuka bisa menjadi sumber makanan bagi semut.

Gunakan Kapur Anti Serangga

Buat garis kapur anti serangga di sekitar pintu, jendela, dan area yang sering dilalui semut. Kapur ini bisa menghalangi semut untuk masuk.

Buat Semprotan Alami
Campurkan air dengan cuka putih atau jus lemon, lalu semprotkan di area yang sering dihinggapi semut. Cuka dan lemon memiliki bau yang tidak disukai semut.

Gunakan Bahan AlamiĀ 

Letakkan daun salam, kapur barus, atau bubuk kopi di area yang sering dilalui semut. Bahan-bahan ini dapat mengusir semut secara alami.

Panggil Jasa Pengendalian Hama

Jika invasi semut di rumah sudah parah, pertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional pengendalian hama. Apabila penyebab datangnya semut karena kondisi rumah sudah tua dan rapuh, maka dari itu perlu dilakukan peremajaan sebagai berikut:

Perbaikan Struktur

Pastikan semua retakan di dinding, lantai, dan pondasi rumah diperbaiki. Retakan kecil bisa menjadi jalan masuk bagi semut.

Penutupan Celah

Gunakan bahan penyegel yang kuat untuk menutup celah di sekitar jendela, pintu, dan area lain yang rawan. Penyegelan ini dapat mencegah semut dan serangga lain masuk ke dalam rumah.

Perawatan Kayu

Semut sering kali bersarang di kayu yang lembab atau rusak. Pastikan kayu di rumah, termasuk kusen dan lantai, dalam kondisi baik dan tidak lembab. Jika perlu, lakukan perawatan kayu secara berkala.

Pembuatan Ventilasi

Pasang kawat kasa pada lubang ventilasi dan jendela untuk mencegah semut masuk. Pastikan kawat kasa terpasang dengan baik dan tidak ada lubang kecil yang bisa dimanfaatkan semut.

Sistem Drainase yang Baik

Pastikan rumah memiliki sistem drainase yang baik untuk mencegah penumpukan air di sekitar rumah. Genangan air dapat menarik semut dan serangga lainnya.