Penyebab Outdoor AC Tidak Menyala

0
487
Penyebab Outdoor AC Tidak Menyala

Penyebab Outdoor AC Tidak Menyala – Semua perangkat elektronik akan mengalami masalah pada waktunya selama digunakan. Tak terkecuali AC atau pendingin udara. Meskipun masa pakai unit AC bergantung pada beberapa faktor seperti kualitas produk, penggunaan, dan perawatan, kinerjanya bisa menurun. Ini juga berlaku jika AC luar ruangan tidak menyala. Umumnya pemasangan AC rumah menggunakan AC split dengan dua bagian yang dipasang di dalam (indoor unit) dan di luar (outdoor unit). Jika salah satu perangkat rusak, AC tidak akan berfungsi dengan baik.

baca juga : Cara Buat Air terjun Mini Dinding Kaca

Penyebab Outdoor AC Tidak Menyala adalah antara lain :

Outdoor AC tidak menyala karena Kabel Putus

Bingung kenapa AC outdoor anda mati terus padahal masih baru. Alasannya mungkin kabel putus. Ini bisa jadi karena pemasangan yang salah atau kabel yang dikunyah tikus. Oleh karena itu, jika ada tikus di dalam rumah, segera obati agar tidak menimbulkan masalah pada peralatan elektronik.

Untuk memastikan bahwa penyebabnya memang kabel yang putus, coba cek aliran listrik dengan tespen. Periksa unit dalam ruangan terlebih dahulu. Tespen dimulai saat terhubung ke listrik. Jika lampu padam, berarti tidak ada listrik. Jika unit dalam ruangan masih memiliki daya, coba periksa unit luar. Jika tidak ada daya ke perangkat eksternal, hubungi penyedia layanan Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut. Menyambungkan kabel yang putus terdengar sepele, namun membutuhkan keahlian khusus, jadi jangan asal-asalan.

Start Kapasitor Bermasalah

Unit udara luar memiliki dua jenis kapasitor, satu untuk kipas dan satu lagi untuk kompresor. Kerusakan pada salah satu atau kedua kapasitor akan menyebabkan kegagalan AC. Jika unit luar-ruang tidak menyala, kemungkinan penyebabnya adalah start kapasitor di kompresor. Pasalnya, kompresor mungkin adalah jantung dari AC itu sendiri. Jika masalah disebabkan oleh start kapasitor di kompresor yang rusak, solusinya adalah mengganti komponen tersebut.

Overheating pada Kompresor

Seperti disebutkan sebelumnya, kompresor adalah jantung dari AC. Artinya jika terjadi gangguan pada kompresor maka kinerja AC juga ikut terganggu. Seringkali penyebab masalah AC luar tidak menyala adalah kompresor yang terlalu panas. Hal ini biasa terjadi pada AC yang sudah lama digunakan, namun jarang dibersihkan. Akibatnya, kotoran menumpuk di kisi-kisi tabung kondensor, membuat unit AC tidak bisa mengeluarkan udara panas dengan baik.

Jika suhu panas dibiarkan, kompresor akan bekerja terlalu keras untuk menaikkan temperatur setelah sekian lama. Untuk mencegah kerusakan pada kompresor, terdapat komponen beban berlebih yang mematikan kompresor saat suhu mencapai batas maksimum. Oleh karena itu, bersihkan AC Anda secara rutin untuk mencegah panas berlebih. Beberapa AC terbaru juga dilengkapi dengan teknologi self-cleaning.

Jika unit AC rumah Anda memiliki fitur ini, sebaiknya gunakan secara rutin untuk membersihkan filter AC. Namun, Anda harus merawat dan mencuci AC setiap 3 bulan sekali, karena fungsi ini hanya membersihkan unit bagian dalam.

Thermistor Tidak Berfungsi

Outdoor AC tidak menyala karena masalah thermistor. Komponen ini membaca suhu ruangan sehingga dapat memerintahkan unit AC untuk menurunkan atau menaikkan suhu sesuai kebutuhan. Nah, jika thermistor tidak berfungsi maka unit AC tidak bisa membaca suhu ruangan dengan benar. Oleh karena itu, mesin AC tidak menerima instruksi atau sinyal yang benar untuk menurunkan atau menaikkan suhu.

Penyebab thermistor rusak mungkin AC terus menerus menurunkan suhu padahal sudah dingin, atau sebaliknya suhu ruangan panas tapi AC tidak dingin. Jika ini sumber masalahnya, solusinya adalah mengganti komponen thermistor.

Ini adalah beberapa alasan mengapa AC luar ruangan tidak menyala. Permasalahan di atas biasanya disebabkan oleh kerusakan pada kompresor. Atau sebaliknya, kerusakan di atas dapat menyebabkan kegagalan kompresor. Oleh karena itu, petugas servis AC harus memeriksa kompresor jika aliran udara luar tidak menyala.

SHARE