Perpaduan Feng Shui dan Desain untuk Dapur

0
1150
Perpaduan Feng Shui dan Desain untuk Dapur

Perpaduan Feng Shui dan Desain untuk Dapur – Dapur merupakan salah satu tempat di rumah yang dapat melambangkan persatuan dan harmoni dari  keluarga.  Untuk  itu perlu  dipikirkan hati-hati dalam hal desain dapur.  Dapur berperanan penting dalam  interaksi keluarga dan dapat  menciptakan banyak kenangan tawa dan sukacita!

Bagaimana kita dalam merancang dapur kita, dapat  mencerminkan kepribadian dan gaya hidup kita. Untuk memulai, kita perlu mengidentifikasi penggunaan dasar dapur kita. Tanyakan pada diri sendiri apa yang ingin Anda lakukan dengan ruangan dapur? . Apakah Anda akan menggunakannya hanya untuk memasak di mana semua interaksi keluarga yang kemudian diteruskan ke ruang makan? Atau akan Anda lebih memilih untuk membuat konsep terbuka di mana memasak dan interaksi menjadi acara  keluarga dan juga untuk acara lainnya. Begitu Anda telah menentukan penggunaan utama dari dapur,  Anda dapat melanjutkan untuk merancang desain dapur secara  keseluruhan dan tata letak.

Baca juga : “Bintang Terbang” di Tahun Monyet Api, Apa Pengaruhnya?

MENCIPTAKAN ARUS
Arsitek dan desainer interior menggunakan sudut segitiga  sebagai panduan untuk membuat aliran dapur. Pada dasarnya,  pengaturan meja apa pun yang digunakan, harus dirancang untuk memungkinkan koki untuk bergerak bebas dalam gerakan segitiga antara wastafel, kulkas dan kompor memasak. Ada banyak pengaturan meja dapur populer yang mendukung aliran segitiga ini. Tergantung pada jumlah ruang yang Anda miliki, dan jenis  rumah  Anda (apartemen, studio, tunggal atau multi-keluarga), Anda dapat melihat ke dalam pengaturan dapur yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk kebanyakan rumah, pengaturan dasar yang digunakan seperti berikut ini  baik bentuk U, I, C atau pembentukan L :


Untuk studio atau apartemen  dimana ruang terbatas, pengaturan I memberikan penggunaan paling efektif untuk ruang kecil serta efisiensi memasak.

Untuk rumah yang lebih besar yang memiliki ruang, L dan konfigurasi U memberikan pengaturan yang berfungsi penuh dilengkapi banyak tempat penyimpanan . Secara umum, bentuk U lebih cocok untuk dapur di mana memasak dan makan dilakukan di tempat yang terpisah.  Untuk Pembentukan L merupakan pengaturan lebih ramah, dan sering dipilih untuk membuat rencana dapur terbuka. L Dapur biasanya termasuk didalamnya ada meja  makan dan dapur utama. Ini adalah jenis pengaturan yang dapat mendorong interaksi antara juru masak dan anggota keluarga lainnya.

C dan G formasi yang dirancang untuk melayani keluarga besar, memungkinkan untuk lebih banyak orang untuk menempati dapur saat mereka mempersiapkan diri untuk makan bersama-sama. Pikirkan mereka dalam pertemuan keluarga di mana semua anggota keluarga berada di dalam dapur , mengatur kue di atas loyang dan membahas kehidupan mereka! Harus ada ruang yang cukup untuk keharmonisan di antara banyak anggota keluarga! C dan G pengaturan dapat dimanfaatkan dalam dapur konsep terbuka.  Kunci sukses keharmonisan keluarga adalah untuk menciptakan peluang bagi keluarga untuk berkumpul dan berinteraksi satu sama lain.

Setelah Anda telah memutuskan bentuk desain dapur anda,  langkah selanjutnya adalah  merencanakan di mana peralatan dapur diletakan. Gunakan sudut segitiga sebagai panduan untuk membantu dengan penempatan barang-barang fungsional, dan mencocokkannya dengan ruang yang Anda miliki. Dengan melakukan ini Anda mencapai alur kerja yang paling fungsional untuk dapur Anda.

Tip: Hindari konflik antara wastafel, kompor dan lemari es. Cobalah untuk tidak memiliki kompor yang berhadapan langsung dengan lemari es.

MENCIPTAKAN ILUSI SPACE
Untuk rumah dengan ruang terbatas, berikut adalah beberapa tips desain cepat dan mudah  untuk desain Anda:

  • Buat keseragaman dalam skema warna dengan memadukan warna dari lemari , dinding dan langit-langit.
  • Memperkenalkan cermin atau permukaan dipoles! permukaan reflektif cenderung menciptakan ilusi ruang.
  • Menggunakan sistem open-rak dengan meniadakan pintu lemari, atau mengganti pintu dengan pintu kaca bening untuk memberikan kedalaman ruang .
  • Gunakan konsep dapur terbuka , dapur dan  ruang makan dengan penggunaan sketsa.
  • Memperkenalkan backsplash reflektif atau cermin untuk menciptakan ilusi penggandaan ruang.
  • Pertimbangkan permukaan atas meja putih untuk memantulkan cahaya kembali ke langit-langit untuk secara dramatis dapat meningkatkan tingkat pencahayaan.

Ketika Anda merancang rumah, ingat bahwa dapur memainkan peran penting dalam bagaimana Anda akan berinteraksi sebagai sebuah keluarga. Hal ini juga akan menggambarkan gaya hidup Anda dan menambah citra yang Anda buat untuk diri sendiri dengan tamu Anda.

LEAVE A REPLY