Rahasia besar dari tanggal kedaluwarsa makanan akhirnya terungkap!

0
2057
Rahasia besar dari tanggal kedaluwarsa makanan akhirnya terungkap!

Rahasia besar dari tanggal kedaluwarsa makanan akhirnya terungkap! – Kebanyakan dari kita akan cenderung membeli makanan kemasan dengan memperhatikan tanggal produksi serta tanggal kedaluwarsa. Nah, pernahkah Anda bertanya apakah tanggal-tanggal itu benar-benar nyata dan batas akhir yang sama sekali tidak boleh dilanggar?

Ini yang akan kita bahas sekarang. Kita akan membuka fakta bahwa kebanyakan orang akan menghindari makanan yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya. Namun, itu bukanlah fakta!

Menurut Boldsky, ternyata memang ada beberapa faktor yang mendasari mengapa makanan kemasan memiliki tanggal kedaluwarsa.

Baca juga : Stres ternyata bisa bikin kamu sering merasa lapar, lho

Yang pertama, ide pencantuman tanggal kedaluwarsa diawali karena untuk mempertimbangkan kesegaran makanan, bukan keamanannya. Biasanya, ditandai dengan tulisan BEST if USED BEFORE DATE. Misalnya saja untuk makanan jenis roti yang berada di minimarket sekitar rumah Anda, pasti akan ada tanggal kedaluwarsanya. Nah, sebenarnya tetap boleh mengonsumsinya lebih dari tanggal yang tertera di bungkusnya, hanya saja jangan lewat sampai berhari-hari lamanya.

Rahasia besar dari tanggal kedaluwarsa makanan akhirnya terungkap!

Yang kedua, jika Anda menemukan tulisan ‘SELL BY’, maka itu ditujukan benar-benar untuk toko. Artinya, untuk sampai kapan mereka bisa menjual produk tersebut kepada para pengecer. Bukan batas rusak atau busuknya produk. jadi, meskipun sudah lewat tanggal ini, masih dapat dimakan, meskipun Anda tetap dianjurkan membeli makanan sebelum melewati tanggal tersebut.

Yang ketiga, jika Anda menemukan tulisan BEST if USED BEFORE, maka tanggal yang tercantum dalam kemasan itu adalah untuk dapat merasakan rasa terbaik atau kualitas paling bagus dalam mengonsumsi makanan tersebut. Jelas ini bukan tanggal kedaluwarsa yang artinya sudah busuk dan tidak layak makan. Dan, kita banyak tertipu di sini. Produk tersebut masih tetap dapat dimakan walaupun sudah melewati tanggal ini, tapi kesegaran dan kualitas makanan akan telah berkurang.

Mungkin Anda bertanya, lalu apa maksud para produsen menyematkan tanda EXPIRED DATE pada kemasan? Benarkah masih aman untuk mengonsumsi makanan yang telah lewat dari tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan?

Anda masih diperbolehkan memakan makanan tersebut apabila masih lewat sehari atau dua hari saja. Selebihnya jangan! Meskipun hanya berhubungan dengan kesegaran makanan, namun kita sendiri tidak bisa memastikan kemasan tersebut sudah bisa menghindarkan makanan dari kebusukan setelah lewat tanggal itu atau tidak.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap mengonsumsi makanan sebelum tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Bukankah memakan makanan yang segar akan terasa lebih enak? Yang terpenting Anda hanya harus memperhatikan tulisan USED BY atau SELL BY DATE saja. Pasalnya banyak orang terjebak antara dua kode ini.

So, semoga ini bermanfaat dan kita bisa memprediksi makan mengetahui makanan apa yang layak dan tidak layak konsumsi berdasarkan tanggal kedaluwarsa.

Inilah artikel tentang Rahasia besar dari tanggal kedaluwarsa makanan akhirnya terungkap!.

Sumber : tribunnews.com

SHARE