Rumah Ramah Lingkungan Murah dengan Genteng Surya

0
1241

Rumah Ramah Lingkungan Murah dengan Genteng Surya – Salah satu energi yang gratis adalah energi Sinar Matahari .┬áSeiring Perkembangan Teknologi, kini kita dapat memasang panel surya di atas rumah kita dengan mudah dengan biaya yang relatif sangat terjangkau, sehingga kita punya sumber listrik alternatif yang lebih murah dan ramah lingkungan di rumah kita, dahulu kala memang dibutuhkan banyak lempengan solar cell atau panel surya untuk menghasilkan listrik yang cukup di rumah anda serta lahan yang luas untuk memproduksi listrik dari tenaga surya. tetapi kini kondisinya berbeda. Berkat kemajuan teknologi, kini, setiap rumah pun bisa memperoleh listrik dari sinar matahari. Dengan hanya memasang panel surya berukuran kurang dari 10 meter persegi di atap rumah, kebutuhan listrik di rumah anda sudah akan tercukupi selama 24 jam.

Memiliki rumah yang hangat dan tersedianya air adalah masalah besar yang memerlukan solusi serius. Dengan semakin besarnya tingkat polusi bumi dan alat-alat pemanas dari segala penjuru rumah di dunia, jelas semakin sangat membahayakan planet bumi.

Untuk itu, harus dipertimbangkan upaya-upaya lain dalam rangka membawa panas ke dalam rumah tanpa menebang pohon dan merusak sistem lingkungan alami.

Baca Juga :

Meski kini terdapat banyak solusi energi alternatif yang lebih menarik, namun energi surya adalah sesuatu yang tidak akan ada habisnya dan satu-satunya yang paling mudah didapat. Ditambah lagi energi surya bisa menyalurkan panas secara maksimal di rumah tanpa menelan banyak biaya.

Melansir Architecture n Design, di masa lalu, sistem salah satu tata surya ini sangat berbiaya mahal, bahkan tidak semua orang mampu membeli dan memasangnya untuk di rumah mereka. Namun, beberapa tahun kemudian, hal itu tidak lagi sulit dijangkau. Kini orang-orang bisa memasangnya di rumah mereka dengan menggunakannya sepanjang tahun.

Satu hal yang terpenting adalah pemanfaatan sistem ini sangat mengandalkan hari yang cerah, sehingga air dari sistem akan lebih panas. Jika tidak, selalu ada cara alternatif untuk memanaskan air atau interior rumah.

Kini, salah satunya penemuan yang baru-baru ini ditemukan adalah genteng surya. Adapun kegunaannya tak lain adalah guna membantu dalam hal penghematan energi dan menurunkan tagihan listrik.

Bila dibandingkan dengan panel-panel tua atap rumah, fotovoltaik surya sangat indah dilihat. Ditambah lagi, panel-panel surya bisa disimpan, mengingat ini adalah solusi baru nan inovatif dengan cara bekerjanya yang luar biasa.

Panel atap surya tidak berbeda jauh dengan panel atap rumah biasanya, sama-sama terbuat dari tanah liat atau batu tulis lembaran alami. Hanya saja yang membedakan adalah di dalam genteng surya ada sebuah panel surya kecil yang dimasukkan pada permukaan datar dan harus selalu terkena sinar matahari.

Proses pemasangannya pun sangat mudah karena bentuk dan berfungsi ganda. Selain bisa menjadi penyerap sinar matahari, juga bisa sebagai panel atap rumah seperti pada umumnya. Panel-panel ini memiliki hasil energi begitu tinggi meskipun bentuknya begitu kecil dan fleksibel.

AD-Solar-Roof-Tiles-Cells-08

AD-Solar-Roof-Tiles-Cells-02

AD-Solar-Roof-Tiles-Cells-03

AD-Solar-Roof-Tiles-Cells-04

AD-Solar-Roof-Tiles-Cells-05

AD-Solar-Roof-Tiles-Cells-06

Sumber : okezone.com

LEAVE A REPLY