Rumah Unik Di Dunia Yang Bisa Jadi Referensi Kamu!

0
139

Rumah Unik Di Dunia Yang Bisa Jadi Referensi Kamu!

Ada banyak rumah unik di Indonesia yang jadi impian kebanyakan orang. Memiliki rumah yang desainnya unik memang cukup menarik. Pasalnya rumah-rumah ini berbeda dengan bangunan rumah pada umumnya. Meski begitu fungsi utama atau kegunaan rumah itu sendiri sama saja.

Kebanyakan orang mungkin berfikir bahwa rumah unik hanya ada di luar negeri. Namun pada kenyataannya kreativitas arsitek di Indonesia sudah berhasil menciptakan desain rumah yang sangat unik dan punya nilai jual tinggi. Jika kamu menginginkannya, lihat dulu referensi desainnya.

Ini Dia Beberapa Desain Rumah Unik di Indonesia

Sebelum membangun sebuah rumah, konsep desain memang menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Berikut di bawah ini ada beberapa contoh konsep desain rumah unik di Indonesia untuk bangunan rumah yang menarik dan terkesan mewah:

Rumah Miring

Rumah Unik Di Dunia Yang Bisa Jadi Referensi Kamu!
Bisa dibilang desain rumah miring adalah salah satu desain rumah unik yang paling populer di berbagai kalangan. Bangunan rumah miring yang ada di Indonesia ini diusung oleh salah seorang arsitek yang bernama Budi Pradono.

Rumah unik berbentuk rumah miring ini strukturnya dibuat dengan konsep baja yang kuat. Rumah miring didominasi dengan konsep lebih terbuka dan memanfaatkan kaca di banyak bagian rumahnya. Hal ini bertujuan agar sirkulasi cahaya dalam rumah bisa diatur dengan baik.

Batik Dempo

Rumah Unik Di Dunia Yang Bisa Jadi Referensi Kamu!
Selanjutnya ada rumah Batik Dempo. Konsep rumah unik di Indonesia ini termasuk salah satu jenis rumah modern dengan nilai yang kental terhadap etnik seni Jawa. Beberapa bagian interior dan eksteriornya dibuat dengan konsep tradisional.

Sebagaimana namanya, rumah unik ini punya motif batik khas Jawa di beberapa bagian bangunannya. Desain ini memang cukup unik karena jarang ada desain rumah minimalis yang mengusung pola batik sebagai interiornya. Konsep warnanya juga menonjolkan warna-warna tradisional yang identik dengan batik asli. Biasanya model rumah unik seperti ini banyak diminati pasangan yang menyukai hal-hal berbau adat atau hasil karya budaya.

3. Kontainer

Rumah Unik Di Dunia Yang Bisa Jadi Referensi Kamu!
Jika kamu menyukai rumah dengan konsep semi industrial, maka model rumah kontainer ini layak jadi referensinya. Desain rumah unik ini mulanya dibangun karena adanya keterbatas biaya.

Namun siapa sangka desain yang diusung oleh seorang arsitek bernama Atelier Riri ini ternyata bisa terlihat sangat eksentrik. Desain rumah kontainer ini memanfaatkan material utama berupa portacamp kontainer.

Material portacamp kontainer ini dipasang dengan model tumpang tindih. Tentu saja design yang dibuat tidak 100% menggunakan portacamp kontainer. Material portacamp kontainernya juga bisa dijadikan sebagai dinding pada rumah jenis ini.

Rumah Ranting

Rumah Unik Di Dunia Yang Bisa Jadi Referensi Kamu!
Desain rumah unik di Indonesia berikutnya adalah hasil karya dari seorang arsitek populer yang bernama Yu Sing. Sesuai namanya, material eksentrik yang digunakan desain rumah ini adalah ranting kayu atau pohon.

Meskipun beberapa bagian rumah disusun dengan ranting yang notabennya bernilai murah, namun pola desain yang dibuat terlihat mahal dan tentunya sangat menarik.
Selain menggunakan material ranting kayu, desain rumah unik sederhana di Indonesia ini juga menggunakan beberapa bahan daur ulang lainnya.

Desain rumah ranting sangat cocok digunakan oleh kamu yang mungkin ingin lebih menghemat biaya material bangunan rumah. Gaya desain yang diusung oleh Yu Sing pada model rumah ini dibuat dengan sangat apik sehingga rumah masih menonjolkan nilai mahal dan mewah.

Muted House

Rumah Unik Di Dunia Yang Bisa Jadi Referensi Kamu!
Konsep desain rumah unik di Indonesia Muted House ini dibawa oleh seorang arsitek bernama Aboday. Kesan unik pada rumah ini terlihat dari bagian depan rumah. Rumah muted house dibuat dengan dominan warna putih dan desain yang sangat sederhana atau cenderung polos.

Rumah ini tampak dari depan seperti tidak memiliki bukaan. Namun pada beberapa bagian, rumah ini sudah dilengkapi dengan beberapa sirkulasi udara yang dibuat sesederhana mungkin sehingga bentuknya tidak seperti sirkulasi pada umumnya.

Meski terlihat sangat sederhana, namun karena penampakannya yang polos desain rumah ini jadi tampak berbeda atau unik dibandingkan bangunan rumah pada umumnya.

Bagian interior rumahnya juga didominasi dengan warna putih polos dengan furnitur rumah yang juga tidak terlalu berlebihan. Desain interiornya membuat penghuni jadi merasa nyaman tinggal di dalamnya. Model rumah ini cocok untuk warga Jakarta dengan udara yang tidak terlalu bersih.

Rumah Unik Di Dunia Yang Bisa Jadi Referensi Kamu!

Baca Juga: Desain Rumah Unik 6×10 dengan Konsep 4 Ruangan Menjadi Satu

Dancing Mountain House


Selain berhasil membuat desain rumah miring, Budi Pradono juga sukses menciptakan desain rumah unik di Indonesia yang dikenal dengan Dancing Mountain House. Tidak tanggung-tanggung, desain rumah unik yang satu ini punya sebanyak lihat buah atau.

Bentuk atapnya dibuat sekolah mirip dengan puncak gunung. Atap ini dibuat dengan material bambu. Adapun inspirasi puncak gunung yang dipakai dalam konsep atap rumahnya dalam seperti gunung yang mengelilingi wilayah Salatiga, di antaranya Merapi, Andong, Tidak dan Temoloyo. Beberapa bagian rumah ini dibuat tanpa menggunakan sekat.

Memiliki rumah dengan desain yang unik memang banyak diminati, utamanya bagi masyarakat yang hidup di tengah kota. Beberapa desain rumah unik di Indonesia yang sudah disebutkan di atas, bisa menjadi referensi atau acuan untuk membangun bangunan rumah yang lebih menarik dan unik.

Kamu bisa menyesuaikan konsep bangunan rumah unik sesuai dengan budget dan lingkungan sekitar. Contohnya jika memiliki budget terbatas, opsi desain rumah kontainer atau AS House mungkin bisa jadi pilihan terbaik