Rumah Yang Baik Menurut FENGSHUI

0
3005
Rumah Yang Baik Menurut FENGSHUI

Rumah Yang Baik Menurut FENGSHUI – Ilmu Feng shui (風水) adalah ilmu topografi kuno Tiongkok yang mempercayai bagaimana manusia dan surga (astronomi), serta bumi (geografi), hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki hidup dengan menerima Qi positif. Qi terdapat di alam sebagai energi yang tidak terlihat. Qi baik disebut juga napas kosmik naga. jenis Qi ini dipercaya sebagai pembawa rejeki dan nasib baik. namun ada pula Qi buruk yang disebut Sha Qi sebagai pembawa nasib buruk. Perhitungan ilmu Fengshui bisa diterapkan ke banyak hal, salah satunya adalah untuk membuat/mendesain sebuah rumah yang baik.

Baca juga : Feng Shui Rumah 2016 : Tips Rumah Anda Lebih Hoki di 2016

rumah-yang-baik-300x205

Ada banyak aspek untuk membuat sebuah desain rumah yang baik menurut Fengshui, diantaranya adalah :
1. Penempatan ruangan dengan tepat dan baik menurut ilmu Fengshui (ada beberapa macam cara untuk mengatur/menentukan lokasi)
2. Rumah harus mendapatkan cahaya yang cukup (tidak berlebihan)
3. Keamanan lingkungan di sekitar rumah juga harus diperhatikan
4. Harus mendapatkan sirkulasi udara yang bagus
5. Buatlah rumah senyaman mungkin
6. Jagalah kebersihan rumah
7. Pilihlah warna yang baik
8. Bentuk rumah

Syarat-syarat diatas adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya menjadikan rumah itu baik ditempati secara ilmu pengetahuan. Lalu setelah itu bisa meminta bantuan seorang pakar Fengshui untuk mencari lokasi yang mempunyai 气 (QI/CHI) yang baik dengan bantuan LUOPAN dan yang lainnya.

bagan-dasar-fengshui-300x224

Lingkungan yang harus dihindari untuk sebuah rumah adalah :

1. Jangan dekat dengan kuburan
2. Jangan tinggal dekat rumah sakit
3. Jauh dari tempat pemotongan hewan (jagal)
4. Jangan tinggal di dekat jalan tol, rel kereta api
5. Mungkin ada beberapa lagi lingkungan yang perlu dihindari
6. Tidak dekat dengan menara listrik tegangan tinggi, menara telekomunikasi

Tidak boleh dekat kuburan karena sering terjadi peristiwa penguburan dan sering melihat orang-orang yang menangis. Inilah yang dinamakan memancarkan hawa negatif. Yang lainnya juga bisa dicerna dengan logika. Inilah namanya Fengshui yang memakai logika.

fengshui-rumah

Beberapa ruangan yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah :

1. Ruang tidur utama
2. Dapur
3. Lokasi tangga
4. Kamar mandi

Mintalah bantuan pakar fengshui untuk mencari daerah-daerah yang baik, daerah yang 气 (QI/CHI) nya bagus untuk ruang tidur, dapur dan aturlah posisi dan lokasi tangga dengan baik. Sementara daerah yang 气 (QI/CHI) nya kurang bagus dipakai untuk kamar mandi.

“Kesimpulannya, gabungan antara ilmu pengetahuan  arsitektur, desain interior dan yang lain) dengan penerapan ilmu Fengshui akan membuat rumah menjadi baik”

Berikut ada sebuah hikmah yang bisa kita ambil dari kisah “Meng Zi” yang dihubungkan dengan ilmu Fengshui.

Semasa kecil, Meng Zi diasuh oleh ibunya yang sangat bijaksana. Ia pernah berpindah tempat tinggal sampai tiga kali. Rumah yang pertama dekat tanah pemakaman, ibunya sangat khawatir ketika Meng Zi sering menirukan orang yang melaksanakan upacara pemakaman. Kemudian ibunya mengajaknya pindah ke dekat pasar, namun kembali ibunya juga merasa khawatir karena ia sering menirukan sebagai layaknya seorang pedagang yang melakukan transaksi jual beli. Akhirnya, sang ibu memilih untuk tinggal di dekat sekolah dengan harapan agar Meng Zi bisa belajar dan bersekolah seperti halnya anak sebayanya.

Siapakah ‘MENG ZI’ ?

Meng Zi adalah seorang filsuf di Zhong Guo yang sangat terkenal.

Inilah artikel tentang Rumah Yang Baik Menurut Fengshui.