Salah Desain Bisa Bikin Rumah Jadi Panas lho!

0
45

Salah Desain Bisa Bikin Rumah Jadi Panas lho!

Kesalahan ketika mendesain rumah tentu bisa menjadi mimpi buruk bagi penghuni rumah tersebut. Desain rumah yang tidak baik bisa membuat rumah tersebut memiliki banyak masalah, baik itu dari segi fungsi maupun estetikanya.

Desain rumah ini tentunya sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi kamu dan para pengembang properti yang ingin membangun sebuah hunian.

Hal ini semakin diperkuat dengan kenyataan bahwa banyak fenomena rumah di Indonesia yang selalu terasa terlalu panas di siang hari, dan terasa pengap ketika malam hari.

Salah Desain Bisa Bikin Rumah Jadi Panas lho!

Baca Juga: Desain Rumah Sejuk Tanpa AC Yang Bakal Bikin Nyaman dan Anti Gerah

Salah Desain Bisa Bikin Rumah Jadi Panas lho!

Tidak hanya itu, tidak sedikit juga dari masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa rumah tapak yang dijual di wilayah perumahan itu panas karena halamannya yang sering kali terlihat terlalu gersang karena jarangnya pepohonan besar di sekitar rumah tersebut.

Namun, apakah hal tersebut benar adanya?

Menurut Head of Advisory JLL Indonesia, Vivin Harsanto, para pengembang properti sebenarnya sudah memperhatikan masalah fenomena rumah panas tersebut.

“Sebetulnya kita (pengembang properti) sudah memperhatikan fenomena rumah yang panas itu. Kalau kita lihat dari entri yang masuk ke Propertiguru itu memang sudah banyak pengembang yang mempertimbangkan hal tersebut,” ujar Vivin

Menurut Vivin yang saat ini juga tengah menjadi salah satu Property Guru Indonesia Property Awards 2024 ini menjelaskan, para pengembang sudah memperhatikan berbagai aspek desain rumah tersebut, seperti sirkulasi, tinggi plafon, penataan interior, hingga bahan yang digunakan sudah mereka desain sedemikian rupa supaya hasil dari kenyamanan rumah tersebut terjamin.

“Dari mulai sirkulasi, plafon yang tinggi, kemudian juga ruangannya tertata dengan baik, dan mungkin juga ada gardennya. Mereka juga ada yang pake solar panel, bahan yang dipakai untuk membangun rumah tersebut juga tidak menyerap panas,” jelas Vivin.

“Kan ada situasi seperti ini, mungkin kebanyakan kaca itu bikin ruangan terlalu terang, nah secara kalau siang kan jadi panas nantinya. Jadi kalau siang kan harus pasang AC atau tutup dengan blinds. Jadi intinya memang harus dilihat kembali ke penataan atau layoutnya, seperti kaca jangan sampai kebanyakan di bagian timur dan barat karena kan nanti panas,” tabahnya.

SHARE