Simak Tips Berikut Agar Anak Kos Bisa Punya Rumah!

0
2301
Simak Tips Berikut Agar Anak Kos Bisa Punya Rumah!

Simak Tips Berikut Agar Anak Kos Bisa Punya Rumah! – Bagi anak perantauan, ini telah menjadi pilihan bagi mereka untuk tinggal di Kos. Yang menjadi masalah ialah biaya kos yang membuat anda sulit untuk menabung. Perkara finansial ini telah menjadi tantangan bagi anda. Tapi sebenarnya jika anda sangat niat, pasti bisa tetap menabung selama hidup. Hanya anda perlu lebih kreatif dalam menjalankan kehidupan.

(baca juga : Tips menata kamar kos agar terasa lebih lega )

Lokasi yang Tepat

Pada saat kos, pilih lah lokasi yang tepat dengan tempat kerja sehingga anda tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi. Anda juga dapat mengalokasikan ongkos transportasi menjadi dana tambahan menabung. Tapi jangan lupa untuk mempertimbangkan hal lain, seperti kebutuhan fasilitas air bersih dan keamanan.

Jenis Kamar Kos

Jika anda sendirian, maka ngekos lah dengan ruangan yang kecil dan jangan terlalu besar. Yang diutamakan adalah kamar mandi di dalam. Tidak perlu mencari fasilitas mewah seperti balkon,AC, dan pemanas air. Tanpa fasilitas tersebut anda telah bisa menghemat biaya kos dari 500ribu hingga 1 juta perbulan.

(baca juga : Perhatikan Ini Sebelum Tempati Rumah yang Lama Kosong )

Jika kosan anda tidak terlalu panas, sebaiknya tidak memasang AC. Anda bisa memasang teralis dan kasa nyamuk di jendela agar tetap aman dan nyaman membuka jendela kamar saat malam hari. Tambahkan juga kipas angin agar ruangan tetap sejuk.

Buat Prioritas

Buatlah prioritas untuk dana setiap bulan. Jadikan membayar sewa kontrakan kos dan menabung menjadi dua prioritas utama setelah anda mendapat gaji. Untuk menabung anda bisa menggunakan fasilitas sistem autodebit dari bank. Mintalah untuk sesuaikan sistem autodebit sesuai dengan tanggal gajian anda. Dengan begitu otomatis anda konsisten menabung setiap bulan dengan besaran yang sama.

Memasak Sendiri

Carilah tempat kos yang ada dapur yang dapat digunakan bersama untuk para penyewa kamar. Dibanding membeli makan diluar, lebih baik memasak sendiri untuk makan sehari-hari.

Dana untuk memasak cenderung lebih murah di banding jajan, Sekali masak dapat di konsumsi tiga kali sehari tentu lagi lebih murah. Dibanding beli diluar 50.000 untuk satu kali makan

Masaklah makanan sederhana yang tidak membutuhkan dana banyak. Ini penting bagi si lajang untuk latihan memasak.

Memonitor Pengeluaran

Buatlah rencana keuangan setiap bulan. Tentukan juga budget yang harus anda keluarkan setiap bulan. Dengan ini anda dapat menentukan budget lebih mudah untuk memonitor pengeluaran setiap bulan. Jika pengeluaran bulan ini lebih dari budget yang di tentukan, maka anda harus memotong budget pengeluaran bulan depan. Kunci nya hanya harus menahan diri untuk terlalu konsumtif dan cerdas menentukan prioritas.

Semoga dapat menabung untuk mendapat rumah impian. Semoga Bermanfaat!