Sudah Cuci AC Tapi Tidak DIngin ? Mungkin Ini Penyebabnya

0
88
Sudah Cuci AC Tapi Tidak DIngin ? Mungkin Ini Penyebabnya

Sudah Cuci AC Tapi Tidak DIngin ? Mungkin Ini PenyebabnyaAir conditioner (AC) merupakan salah satu barang elektronik rumah tangga yang penting untuk mendinginkan ruangan.

Rumah-rumah yang berada di negara beriklim tropis seperti Indonesia sangat diuntungkan dengan keberadaan teknologi ini.`Sayangnya, kerap kali terjadi masalah yang menyebabkan AC tidak dapat berfungsi optimal.

Bahkan, terkadang AC terasa tidak dingin dan hanya keluar angin saja , mungkin ini penyebabnya.

1. Pengaturan Termostat yang Salah

Ada baiknya untuk mengecek thermostat AC jika AC split maupun jendela yang tidak mendingin, ketika hal ini terjadi biasanya Ac akan mengeluarkan suara dan udara yang panas. Saat menghadapi masalah satu ini adalah dengan mengalihkan pengaturan thermostat ke mode otomatis.

2. Motor Rusak

Jika motor kipas rusak, biasanya unit outdoor tidak akan dapat menghilangkan panas AC. Selain itu hal ini juga dapat mengganggu kemampuan pendinginan pada unit AC yang mungkin membuatmu tak nyaman.

3. Tingkat Refrigeran Rendah

Refrigerant merupaka cairan penting yang dapat menyerap panas dari udara sekita, maka jika kekurangan dapat menyebabkan AC yang tidak mendingin. Jika sistem pendingin udara yang tidak mendingin mungkin saja dapat disebabkan oleh refrigerant yang bocor, untuk mengatasi masalah satu ini ada baiknya untuk servis AC secara berkala.

Sudah Cuci AC Tapi Tidak DIngin ? Mungkin Ini Penyebabnya

4. Kompresor Rusak

Kompresor merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam AC terutama pada pendingin udara, karena dapat mengatur aliran refrigerant antara evaporator dan kondensor. Oleh karena itu jika kondensor yang rusak tidak dapat mendingin kan udara yang cukup baik.

5. Filter AC Tertutup Debu

Penyebab AC tidak dingin dan hanya keluar angin selanjutnya adalah filter yang kotor karena jarang kamu bersihkan. Padahal, filter AC berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara AC.

Solusi agar AC dingin kembali adalah dengan membersihkan filter indoor tersebut minimal seminggu sekali. Buka tutup filter di bagian atas, ambil filter, cuci bersih menggunakan sabun detergen, akeringkan, dan pasang kembali.

Untuk servis perawatan minimal 3 bulan sekali untuk AC di rumah dan 2 bulan sekali bagi AC perkantoran. Sebelum membersihkan, pastikan kamu menutup barang-barang di sekitar AC seperti kasur dengan koran agar barang tersebut enggak kotor.

Baca Jugahttps://blog.rumahdewi.com/sedang-renovasi-rumah-mungkin-desain-ini-bisa-jadi-inspirasi-anda/

 

 

 

 

..

SHARE