Tips Aman Dan Nyaman Dalam Perjalanan Mudik Lebaran

0
2436
Tips Aman Dan Nyaman Dalam Perjalanan Mudik Lebaran

Tips Aman Dan Nyaman Dalam Perjalanan Mudik Lebaran – Mudik telah menjadi kegiatan rutin para perantau ataupun pekerja lainnya untuk pulang ke kampung halamannya. Seperti yang kita ketahui Mudik di Indonesia lebih identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari besar kagamaan seperti menjelang lebaran.

Pada saat itulah kesempatan dimana para perantau tersebut bisa kembali berkumpul dengan keluarga dan sanak saudaranya yang tersebar di berbagai perantauan. Macet di perjalanan itu bukanlah menjadi sebuah rintangan, Perjalanan panjang tidak menjadi masalah. Yang terpenting ialah dapat berkumpul bersama keluarga.

Nah bagi anda yang akan mudik khususnya dengan kendaraan pribadi, kami ada beberapa tips agar perjalanan mudik anda nyaman dan aman.

Berikut ini tips aman dan nyaman dalam perjalanan mudik

  1. Cek Kondisi Kendaraan

    Cobalah mengecek kondisi kendaraan anda. Pastikan kendaraan anda siap di gunakan. Jika anda merasa kendaraan anda tidak bisa atau tidak kuat untuk perjalanan jauh, disarankan untuk membawa ke bengkel atuapun servis terlebih dahulu. Agar menghindari hal hal yang tidak diinginkan ketika saat perjalanan.

  2. Cek Perlengkapan Kendaraan

    Pastikan juga anda telah membawa semua perlengkapan kendaraan seperti dongkrak, obeng, tang, kunci pas dan lain nya. Untuk jaga-jaga jika manatau terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti kata orang, sediakan payung sebelum hujan.

  3. Sparepart Cadangan

    Mungkin ini banyak di abaikan oleh orang. Tapi jangan abaikan hal ini. Karena kita tidak tau apa yang akan terjadi pada perjalanan panjang ini. Pastikanlah untuk membawa busi, tali rem, sekring, tali kopling, ban dan lainnya di dalam kendaraan anda.

  4. Cek Barang Bawaan

    Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya cek dulu semua barang bawaan anda. Apakah ada yang masih tertinggal atau tidak. Pastinya jangan lupa dengan oleh-oleh yang ingin anda bawakan kepada keluarga (jika ada).

  5. Kotak P3K

    Periksalah kotak p3k, apakah sudah lengkap atau belum. Pastikan minyak angin, betadine, dan obat lainnya sudah ada di dalam kotak P3K. Jangan lupa untuk mengecek apakah obat itu sudah kadaluwarsa atau belum.

  6. Baterai

    Hal ini sudah menjadi hal yang paling di butuhkan dalam mudik. Pastinya untuk orang jaman sekarang, sudah tidak bisa terlepas dari yang namanya ponsel. Baterai dibutuhkan untuk manatau memerlukan GPS ataupun menelpon keluarga untuk memberitahu keadaan atau posisi mereka sudah dimana. Dan pastinya membutuhkan powerbank.

  7. Kondisi Tubuh

    Ini hal yang sangat penting dalam mudik, jangan hanya kendaraan yang di persiapkan. Kondisi fisik dan batin anda juga sangat perlu mendapat perhatian plus. Perjalanan panjang pastinya sangat membutuhkan kondisi fisik badan yang fit. Jika saat setengah perjalanan tiba-tiba kondisi anda kurang fit atau mengantuk, sebaiknya berhenti lah untuk berisitrahat. Dianjurkan untuk anda beristirahat setiap 4 jam.

baca juga :


Inilah tips untuk perjalanan mudik anda aman dan nyaman. Semoga Bermanfaat ya!