Dari Menganggur Hingga Memiliki Kekayaan Rp11 Triliun

0
1924
Dari Menganggur Hingga Memiliki Kekayaan Rp11 Triliun
JK Rowling (Foto:Dok)

Dari Menganggur Hingga Memiliki Kekayaan Rp11 Triliun – Bagi sebagian besar penduduk dunia, sosok Harry Potter bukan lagi sosok asing. Sosok yang berawal dari novel tersebut akhirnya masuk dunia film. Baik novel maupun film, Harry Potter merupakan produk laris.

Adalah Joanne Rowling (JK Rowling) yang melahirkan sosok Harry Potter. Wanita kelahiran 31 Juli 1965 itu punya kisah perjalanan hidup yang luar bisa. Semua berawa kegagalan pernikahannya pada 1993.

Status pengangguran dan harus mengasuh satu anak tentu tidaklah mudah. Rowling yang saat itu tergolong miskin hanya mengandalkan bantuan sosial dari pemerintah Inggris.
Tak heran bila sulitnya kondisi membuat Rowling mengalami depresi berat. Di tengah hidupnya yang sulit, satu-satunya hal yang bisa dilakukan wanita ini adalah menulis.

Bermodal mesin ketik tua dan alat seadanya, Rowling berkarya lewat tulisan. Bahkan, untuk menggandakan tulisannya, Rowling harus bersusah payah mengetik ulang semua tulisannya.

Lebih menyakitkan lagi, sebanyak 12 penerbit menolak buku pertama yang susah payah ia buat. Meski demikian, penolakan tersebut tak membuat Rowling patah arang.

Terus berusaha dan sabar, akhirnya pada 1995 agensi Christopher Little mau menerbitkan buku pertamanya, Harry Potter dan Batu Bertuah. Buku ini mengisahkan seorang anak yang datang ke sekolah sihir.

Rowling mendapat ide Harry Potter ketika melakukan perjalanan dengan kereta yang telat selama empat jam pada 1990. Ternyata banyak yang menyukai buku pertama ini. Sebanyak 450 juta buku yang dicetak dalam beberapa bahasa itu akhirnya ludes terjual. Kisah Harry Potter terbagi dalam tujuh buku dan semuanya masuk layar perak.

Selain menjadi seorang penulis andal, Rowling juga pandai mengelola keuangan. Kekayaan Rowling berasal dari investasi, penjualan produk Harry Potter, penjualan video, film, dan buku.

Jadi, jangan heran bila kekayaan Rowling dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan signifikan. Pada 1996, kekayaan Rowling baru mencapai Rp219,5 miliar dan kini sudah di angka Rp11 triliun.

Sebesar 10 persen kekayaan Rowling berasal dari investasi yang ia lakukan, mencapai Rp3 triliun. Sementara dari penjualan produk, Rowling mendapat Rp5 triliun (16 persen). Dari video mencapai Rp3,5 triliun (12 persen), dan dari film mencapai Rp7 triliun (23 persen).

Terakhir dan paling besar adalah dari buku, mencapai Rp11 triliun (39 persen). Bila dijumlahkan, maka sebenarnya kekayaan Rowling mencapai Rp29 triliun. Namun, Rowling masih harus membayar pajak dan kebutuhan lain, serta donasi untuk amal.

Kebutuhan tersebut setidaknya memakan Rp18 triliun dari kekayaan Rowling. Jadi, kekayaan bersih Rowling mencapai Rp11 triliun. Menariknya, total kekayaan bersih ini bahkan lebih besar daripada Ratu Elizabeth sejak 2013.

Inilah artikel tentang Dari Menganggur Hingga Memiliki Kekayaan Rp11 Triliun. Semoga bermanfaat.

baca juga :6 Toilet termahal di dunia, ada yang seharga Rp 24,7 miliar

“Pengalaman berada di posisi terbawah, menjadi dasar yang kuat saya membangun kembali kehidupan saya,” kata Rowling.

Sumber : babe.news