Tips Bersihkan Kandang Hewan

0
435
Tips Bersihkan Kandang Hewan

Tips Bersihkan Kandang Hewan – Kandang adalah tempat atau rumah bagi hewan peliharaan Anda. Beberapa kandang adalah area terbuka untuk hewan peliharaan Anda berolahraga dan bersantai dan harus bersihkan setiap hari untuk membuang urin dan kotoran. Beberapa kandang hewan yang lebih kecil biasanya digunakan di dalam ruangan untuk memberikan hewan peliharaan Anda tempat yang aman untuk beristirahat.

baca juga : Begini Tips Agar Rumah Selalu Bersih Bagi Kamu Pemilik Hewan Peliharaan

Karena hewan peliharaan Anda sering menghabiskan waktu di dalam kandang hewan dan melakukan berbagai aktivitas di sana, mulai dari tidur, makan, hingga buang air besar, Anda perlu bersihkan kandang hewan secara rutin. Selain itu, kotoran yang mereka hasilkan dapat menyebarkan bakteri dan parasit.

Tips bersihkan kandang hewan, Ini ada beberapa langkah untuk bersihkan kandang hewan kecil atau besar :

Bersihkan kandang hewan besar

  • Cuci mangkuk makanan dan air, mainan, dan tempat tidur. Cuci dengan air bersih dan keringkan. Cuci alas tidur dengan mesin cuci. Cuci mainan hewan peliharaan sesuai jenisnya.
  • Buang padatan dan ganti dengan pasir baru. Gunakan sekop untuk menghilangkan semua kotoran padat, termasuk rambut.
  • Disinfeksi kandang hewan peliharaan Anda. Encerkan pemutih dengan air atau gunakan disinfektan lain sesuai petunjuk penggunaan. Semprotkan larutan pembersih ke seluruh area kandang dan biarkan selama 30 menit atau sesuai petunjuk pada label produk.
  • Bersihkan kandang hewan untuk menghilangkan rambut atau bulu dengan sikat pembersih.
  • Di bilas dan dikeringkan. Bilas bersih dengan selang. Jika memungkinkan, gunakan air hangat dan biarkan kandang mengering. Ganti mangkuk, tempat tidur, dan mainan dengan yang bersih.

Bersihkan kandang hewan kecil

  • Bersihkan semua barang di kandang hewan. Kenakan sarung tangan karet dan pakaian lama atau celemek untuk melindungi pakaian Anda. Cuci alas tidur hewan di mesin cuci dengan air panas dengan soda kue dan Disinfeksi dan bersihkan mainan kandang. Jika sangkar dapat dilepas, Anda mungkin perlu membukanya agar lebih mudah dibersihkan.
  • Buang semua kotoran dan keluarkan kandangnya. Jika ukuran kandang hewan kecil bisa bersihkan di bak mandi. Bersihkan semua kotoran padat dan buang ke tempat sampah.
  • Semprotkan larutan disinfektan ke dalam kandang. Anda dapat menggunakan larutan pemutih dan air 1:30 atau disinfektan lain yang tersedia secara komersial. Tutupi semua permukaan dengan larutan dan biarkan selama 25 menit.
  • Cuci bersih, biarkan hingga benar-benar kering dan letakkan kembali tempat tidur dan mainan yang telah dibersihkan dan didesinfeksi.

Sama seperti Anda menyukai rumah yang bersih dan rapi, demikian juga hewan peliharaan Anda. Membersihkan dan mendisinfeksi kandang hewan peliharaan juga mengurangi kemungkinan bakteri, jamur, dan parasit penyebab infeksi.

Kandang harus didesinfeksi untuk mencegah penyebaran penyakit virus yang bisa serius atau bahkan fatal. Pembersihan menyeluruh seperti pembuangan kotoran, pembersihan, desinfeksi, pencucian dan pengeringan diperlukan untuk membersihkan kandang hewan secara menyeluruh. Selain itu, isi kandang seperti piring, mainan, dan alas tidur harus didisinfeksi dengan baik.

SHARE