Tirai Ganggang Yang Bisa Menjernihkan Udara, INOVATIF!

0
323
Tirai Ganggang Yang Bisa Menjernihkan Udara, INOVATIF!
(sumber : Ecologicstudio)

Tirai Ganggang Yang Bisa Menjernihkan Udara, INOVATIF! – Bila biasanya tirai hanya digunakan untuk menghalau panas atau sinar matahari, kini ada tirai yang bisa menjernihkan udara loh. Hal tersebut diwujudkan oleh sebuah studio arsitek dari London, EcoLogicStudio. Mereka menggunakan ganggang pada tirai yang berfungsi untuk menjernihkan udara dan mengurangi polusi pada sekitar lingkungan gedung.

Baca Juga :


Tirai Ganggang Yang Bisa Menjernihkan Udara, INOVATIF!

Tirai Ganggang Yang Bisa Menjernihkan Udara, INOVATIF!
(sumber : Ecologicstudio)

Tak hanya itu saja, tirai ganggang tersebut juga dapat mengeluarkan cahaya pada malam hari. Keren banget kan? Tirai ganggang ini bernama Photo.Synth.Etica dan terbuat dari 16 modul bioplastik. Tiap modul memiliki panjang 2 sampai 7 meter. Didalam setiap modul terisi cairan hijau yang berisi ganggang.

Nah, ganggang inilah yang nantinya akan meresap karbon dioksida dari udara dan menyimpannya pada tirai. Tak hanya itu saja, ganggang pada tirai ini juga mampu menghasilkan oksigen ke udara sekitar.

Tirai ganggang ini bisa dibilang lebih efisien dibandingkan dengan menanam sejumlah pohon di sekitar lingkungan gedung. Hal ini karena tirai ganggang mampu menyerap 1 kilogram karbon dioksida dalam sehari yang jumlahnya sepadan dengan 20 pohon besar.

Udara kotor atau karbon dioksida akan masuk melalui tirai bagian bawah dan tersebar lewat celah diantara tirai. Di setiap celah-celah tersebut terdapat cairan yang berisi ganggang. Jadi ketika udara melewati ganggang tersebut, ganggang akan langsung membersihkan udara dengan proses fotosintesis. Setelah udara kotor tersaring, maka udara bersih atau oksigen akan dilepaskan ke udara sekitar melalui bagian atas tirai. Berguna banget kan?

Itulah tirai ganggang yang bisa menjernihkan udara, Inovatif banget kan? Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY