5 Tips Memilih Cat Kayu Yang Tepat

0
125
5 Tips Memilih Cat Kayu Yang Tepat

5 Tips Memilih Cat Kayu Yang Tepat – Perabotan dari material kayu memang banyak disukai. Selain karena gayanya yang minimalis dan cocok untuk diaplikasikan pada gaya rumah apa saja, material kayu juga memiliki daya tahan yang tinggi loh. Bahkan jika kayu yang digunakan berkualitas tinggi, perabotan kayu mampu bertahan sampai ratusan tahun loh.

Supaya perabotan dari material kayu tampak lebih cantik, maka permukaannya perlu dilapisi dengan cat kayu. Nah, pemilihan cat kayu sebenarnya cukup penting untuk diperhatikan loh. Sayangnya banyak yang mengganggap sepele hal ini. Lantas apa saja sih yang harus diperhatikan saat memilih cat kayu? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga


Berikut 5 tips memilih cat kayu yang tepat

Ketahui jenis kayu5 Tips Memilih Cat Kayu Yang Tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketahui dahulu jenis kayu apa yang akan dicat. Hal ini karena tiap jenis kayu memiliki serat dan karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya, kayu jati memiliki serat dan tekstur yang bagus sehingga cat kayu yang digunakan sebaiknya yang berbahan dasar air.

Sedangkan kayu dari pohon pinus memiliki serat dan warna yang kurang merata, maka dari itu kamu memerlukan cat kayu dengan sifat primer coat agar permukaan kayu merata dan semakin cantik.

Perhatikan penempatan perabot5 Tips Memilih Cat Kayu Yang Tepat

Selain jenis kayu, penempatan perabot kayu juga harus diperhatikan. Misalnya seperti pagar kayu yang berada di outdoor dan sering terkena panas dan hujan, gunakanlah cat kayu waterproof. Dengan begitu, kayu akan lebih tahan lama dan tidak mudah lapuk.

Sedangkan untuk lantai kayu, sebaiknya gunakan cat kayu yang dapat melindungi lantai dari gesekan benda-benda berat.

Pilih cat kayu berdasarkan tingkat transparansi5 Tips Memilih Cat Kayu Yang Tepat

Cat kayu dapat terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tingkat transparasinya seperti cat warna solid dan cat pelitur transparan. Untuk perabot kayu minimalis dan modern, cat kayu warna solid bisa menjadi pilihan karena lebih pekat sehingga dapat menutup serat kayu hingga sempurna.

Sedangkan cat kayu pelitur transparan lebih cocok untuk perabot kayu klasik karena dapat membuat permukaan kayu menjadi berkilau dan melindunginya dari goresan.

Pilih cat kayu berdasarkan pengaplikasiannya5 Tips Memilih Cat Kayu Yang Tepat

Untuk mengecat perabot kayu terdiri dari 2 cara, yakni dengan alat semprot atau kuas. Jika perabot kayu yang akan dicat memiliki ukiran yang rumit dan banyak, sebaiknya gunakan cat semprot agar cat dapat melapisi perabot kayu hingga menyeluruh. Namun jika perabot kayu memiliki permukaan yang rata, sebaiknya gunakan saja cat kayu yang dioleskan pada kuas.

Pilih warna cat yang tepat5 Tips Memilih Cat Kayu Yang Tepat

Pemilihan warna cat kayu juga tak kalah penting loh. Jangan terpaku pada warna cat yang disediakan oleh penjual cat kayu. Sebaiknya kamu membawa potongan kayu sisa dari perabot yang akan dicat dan coba dengan berbagai warna yang ada. Hal ini karena hasil warna cat kayu akan berbeda tergantung dari jenis kayu yang dipakai. Daripada sia-sia membeli cat kayu dan hasil warnanya berbeda, sebaiknya lakukan sedikit percobaan dahulu.

Itulah 5 tips memilih cat kayu yang tepat. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY