Tren Desain Dapur Minimalis

0
66

Tren Desain Dapur Minimalis

banyak ditemukan pada rumah-rumah dengan lahan terbatas. Meski demikian, kamu tetap bisa lho membuat dapur kecil yang fungsional dengan desain yang trendy.

Mendekorasi dapur minimalis bisa menjadi tantangan. Namun jangan khawatir, para desainer interior memberikan pandangannya terhadap tren dapur minimalis pada tahun ini.

Dilansir dari Homes & Gardens, berikut ini 5 tren desain dapur minimalis 2024.

Skema 2 Warna

Tren Desain Dapur Minimalis
Penggunaan skema 2 warna pada dapur minimalis bisa dicoba pada dapur minimalis kamu. Misalnya, sebagian dapur menggunakan warna putih agar ruangan terlihat lebih luas, namun berikan juga warna-warna kontras agar tampilan tetap menarik. Kamu bisa menggunakan warna kontras pada lantai, bagian depan kabinet, maupun pada meja dapur.

“Kesalahan umum di dapur kompak adalah penggunaan warna-warna terang secara berlebihan. Hindari efek ‘whitewash’ yang berlebihan ini dengan memilih bagian kabinet dapur 2 warna, bermain dengan warna atau tekstur yang kontras untuk tampilan lebih dinamis,” kata Creative Director di Studio Burntwood, Melissa, dikutip dari Homes & Gardens.

Penggunaan Warna Gelap
Penggunaan warna gelap pada dapur ternyata bisa menciptakan ruangan dengan rasa yang nyaman, terutama apabila dapur mendapat sedikit cahaya matahari. Berbagai warna gelap bisa digunakan pada dapur, misalnya hijau hutan maupun hitam.
Tren Desain Dapur Minimalis

“Setelah bertahun-tahun menggunakan dapur berwarna putih, orang-orang mengambil risiko yang lebih kreatif dengan dapur yang lebih gelap dan lemari yang dicat. Selain lebih menarik dan penuh imajinasi, dapur yang lebih gelap dan moody bisa terasa lebih luas,” kata Interior Designer dan Founder Nicole Lanteri Design, Nicole Lanteri.

Dapur dengan Desain Farmhouse
Biasanya dapur dengan desain farmhouse membutuhkan ruangan yang luas untuk berbagai perabotan klasiknya, misalnya wastafel, meja yang besar, dan lainnya. Namun, kamu juga bisa lho menggunakan desain farmhouse pada dapur minimalis.

“Saya menyukai tren menambahkan elemen farmhouse pedesaan ke dapur kecil agar terasa nyaman,” tutur Desainer Interior Kathy Kuo.

Tren Desain Dapur Minimalis

Baca Juga: Penyebab dan Solusinya Untuk Rumah Yang Banyak Semut

Penggunaan Rak Mengapung

Tren Desain Dapur Minimalis
Penggunaan rak mengapung diperkirakan akan menjadi tren pada 2024. Bukan hanya sekadar fungsional, tetapi juga terlihat estetis.

“Di dapur yang lebih kecil, saya suka menjaga atasnya tetap minimalis dan menggunakan rak mengapung (floating shelves). Dengan melakukan ini, ruangan yang lebih sempit akan terasa lebih lapang dan rak dapat dimanfaatkan sebagai ruang yang sangat fungsional sebagai tempat peralatan makan, gelas, minyak zaitun, apapun yang kamu gunakan sehari-hari,” ungkap Desainer Interior di ATX Interior Design Laura Williams.

Penggunaan Batu Alam pada Countertop

Tren Desain Dapur Minimalis
Untuk meja dapur, pilihan batu alam bakal jadi tren untuk dapur kecil 2024. Dengan penggunaan batu alam pada dapur kecil juga dinilai akan menjadi lebih mewah.

“Kami senang bekerja dengan bahan-bahan alami, seperti marmer, soapstone, batu kuarsit di atas meja dan memasangnya di dinding sebagai backsplash, bukan ubin. Hal ini membuat dapur terasa lebih mewah dan halus, sekaligus membuatnya terasa lebih besar dan menarik. Secara fungsional juga lebih mudah dibersihkan,” kata Nicole.

Itulah beberapa tren dapur minimalis di tahun 2024. Kalau kamu mau coba desain yang seperti apa?