Investasi Apartemen Lebih Menguntungkan dari Bangun Rumah Kos

0
950

Investasi apartemen dinilai masih lebih menguntungkan dibandingkan membangun rumah kos. Karena biaya yang dikeluarkan untuk apartemen dianggap masih lebih murah.

Kepala DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah Bidang Promosi, Humas, & Publikasi Dibya K Hidayat mengungkapkan, apartemen semakin bertumbuh di kawasan kampus karena sudah dianggap kebutuhan.

“Kampus pindah ke sana (kawasan atas) sehingga mahasiswa juga pindah ke daerah tersebut. Konsentrasi keramaian beralih di daerah Tembalang,” ujarnya.

Dia berpendapat, pertumbuhan apartemen yang cukup tinggi di kawasan kampus adalah hal masuk akal. Namun sebaliknya, di kawasan perkotaan pertumbuhan apartemen belum terlalu terasa.

“Sistemnya sekarang, apartemen dijadikan sebagai investasi dan didominasi orang Semarang. Kemudian, apartemen tersebut disewakan kepada mahasiswa. Pertimbangannya, lebih murah dibandingkan membangun kos-kosan,” katanya.

Dibya menerangkan, investor tidak perlu repot menyiapkan infrastruktur karena sudah disiapkan developer. Investor tinggal membeli apartemen dan kondisi bangunan sudah layak pakai. Membeli apartemen beberapa unit dan langsung bisa disewakan.

“Investor daripada membangun kos, ada risiko ditipu jika tidak menguasai bangunan atau ada kesalahan dalam pembangunan. Kami melihat banyak sekali kejadian seperti ini. Mereka tinggal beli apartemen sekitar Rp300 jutaan, tinggal mengambil beberapa unit dan dikalikan,” katanya.

Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah MR Prijanto mengatakan, harga tanah di kawasan perkotaan kini melejit. Apabila dipaksakan untuk hunian kelas menengah, harga yang ditawarkan jauh dari jangkauan. “Solusinya adalah apartemen. Harga terjangkau, lokasi di kawasan perkotaan, dan lebih praktis,” ujarnya.

Menurut dia, tingginya minat masyarakat terhadap jenis hunian ini terlihat dari terus bertambahnya bangunan apartemen di titik-titik padat. Seperti kawasan Simpanglima, kawasan sekitar perkantoran, juga kawasan sekitar universitas.

“Di tengah Kota Semarang sudah ada beberapa yang berdiri. Sementara untuk Srondol dan Tembalang rencananya juga akan dibangun beberapa tower lagi. Hal ini dapat diartikan apartemen ini laku,” katanya.

sumber : okezone.com

SHARE

LEAVE A REPLY