10 Masjid-masjid Terbesar, Termegah, dan Termahal di Indonesia

0
1004

10 Masjid-masjid Terbesar, Termegah, dan Termahal di Indonesia – Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, mengalahkan negara-negara di Semenanjung Arab. Oleh karena itu, keberadaan masjid sebagai tempat ibadahnya juga tak kalah banyak.

Di berbagai pelosok negeri ini bisa ditemui masjid mulai dari yang besar sampai kecil. Menurut data dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag), jumlah masjid per tahun 2013 sebanyak 731.096 bangunan.

Dari tahun ke tahun, jumlah pertumbuhannya diperkirakan 20 persen. Jika dikalkulasikan, jumlah masjid di Indonesia hingga 2016, mencapai 1.169.753 masjid.

Dari satu juta lebih masjid itu, ada 10 masjid yang harus Anda tahu dan kunjungi karena statusnya sebagai yang terbesar, tertua, dan bahkan termegah.

Berikut ini kesepuluh masjid tersebut.

1. Masjid Soko Tunggal

Soko tunggal merupakan bahasa Jawa yang berarti satu pilar dan menceminkan hanya ada satu Tuhan, yakni Allah SWT.

Masjid ini dibangun sejak abad ke 13 atau tepatnya pada tahun 1288 di Purwokerto, Jawa Tengah. Uniknya, Masjid Soko Tunggal dikelilingi hutan pinus yang menjadi habitat kera di dalamnya.

2. Masjid Rahmatan Lil-Alamin

Masjid yang berlokasi di Indramayu, Jawa Barat ini merupakan masjid termegah di Indonesia. Masjid ini memiliki arti rahmat bagi semesta alam, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Masjid Rahmatan Lil-Alamin dibangun oleh Universitas Al-Zaytun. Tingginya enam lantai dan diklaim mampu mengakomodasi hingga 100.000 jamaah

 

3. Masjid Istiqlal

Jika Masjid Rahmatan Lil-Alamin adalah masjid termegah, maka Masjid Istiqlal adalah yang terbesar di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara.

Masjid ini dibangun pada 1970 oleh presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno dan berlokasi di DKI Jakarta.

4. Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar merupakan masjid terbesar di Jawa Timur yang berlokasi di Surabaya. Masjid ini bahkan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Keunikan dari masjid ini terletak pada kubahnya. Kubah Masjid Al-Akbar dicat menggunakan warna hijau dan biru yang memberikan udara segar di dalamnya.

5. Masjid Dian Al Mahri

Masjid Dian Al Mahri dikenal juga sebagai Masjid Kubah Emas karena keseluruhan kubahnya terbuat dari emas.

Hal itu kemudian membuat struktur untuk ritual ibadah ini menjadi masjid pertama dan termahal karena emas yang ada di seantero kubahnya. Masjid Kubah Emas berada di Depok, Jawa Barat.

6. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak berlokasi di Demak, Jawa Tengah dan berlanggam arsitektur Jawa dengan pilar-pilar dan hanya terdiri dari satu lantai.

Masyarakat setempat mempercayai masjid ini sebagai tempat pertemuan Wali Songo untuk menyebarkan Islam di Tanah Jawa.

Dibangun oleh Raja Kerajaan Demak Pertama, Raden Patah pada abad 15, masjid ini menjadi salah satu yang tertua di Indonesia.

7. Masjid Islamic Center

Masjid ini berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur. Keunikan Masjid Islamic Center terletak pada arsitekturnya yang terinspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah dan masjid artistik lainnya di Turki.

8. Masjid Raya Makassar

Masjid yang berlokasi di pusat kota Makassar, Sulawesi Selatan, ini terlihat megah dan mewah. Hal itu disebabkan kubah utama masjid diimpor langsung dari Australia.

9. Masjid At-Tin

Berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pembangunan masjid ini diinisiasi oleh Mantan ibu negara Republik Indonesia Tien Soeharto.

Masjid At-Tin terkenal karena rancangan arsitekturnya.

10. Masjid Baiturrahman

Salah satu masjid bersejarah di Indonesia ini merupakan saksi bisu tragedi gempa, dan tsunami menyapu Aceh pada 2008.

Masjid Baiturrahman menjadi tempat ratusan ribu pengungsi korban gempa dan tsunami yang kehilangan rumah tinggal.

Dibangun oleh Kerajaan Aceh, masjid ini masih kokoh berdiri hingga sekarang.

baca juga :

Interior Masjid di Iran Pantulkan Cahaya bak Berlian

sumber : kompas.com

SHARE

LEAVE A REPLY