Interior Masjid di Iran Pantulkan Cahaya bak Berlian

0
1427
Interior Masjid di Iran Pantulkan Cahaya bak Berlian

Interior Masjid di Iran Pantulkan Cahaya bak Berlian – Sebuah masjid sekaligus monumen pemakaman di Shiraz, Iran berdiri dengan megahnya. Adalah bangunan bernama Shah Cheragh, yang jika diterjemahkan adalah “King of the Light” atau “Raja Cahaya”.

Dilansir dari laman Architecture ‘n Design, pemberian nama tersebut sudah sangat jelas dimengerti alasannya. Bila dilihat bagian interiornya, akan membuat Anda menganga karena adanya jutaan pecahan cermin kecil yang memantulkan cahaya ke segala arah.

Dahulunya, bangunan memiliki sejarah masa lalu yang agak misterius. Menurut salah satu cerita, pada sekitar tahun 900 Masehi, seorang wisatawan melihat sesuatu yang bersinar dari kejauhan.

Sontak, dia kemudian mendekati area guna menyelidiki asal cahaya tersebut. Alhasil yang ditemukannya adalah sebuah kuburan bersinar. Ternyata di dalam kuburan tersebut, dia menemukan mayat berlapis baja, yang tak ayal adalah seorang tokoh Muslim penting.

Selang beberapa tahun kemudian, kawasan ini pun menjadi tujuan ziarah bagi umat Islam Syiah. Struktur awalnya dibangun hanya sebagai makam. Namun seiring berjalannya waktu, bangunan menjadi berfungsi ganda, dengan ditambahnya fungsi baru yakni masjid sebagai tempat ibadah bagi siapa pun.

Baca Juga :

Meskipun Shah Cheragh telah dirusak oleh orang-orang, alam, dan waktu, perbaikan terus berjalan yang membawanya masih berdiri sampai hari ini. Bangunan masih bersinar terang layaknya berlian dan menarik para peziarah dan wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Sumber : okezone.com

SHARE

LEAVE A REPLY