Begini Tips Mempersiapkan Diri Untuk Membeli Rumah Saat Pameran Properti

0
92
Begini Tips Mempersiapkan Diri Untuk Membeli Rumah Saat Pameran Properti

Begini Tips Mempersiapkan Diri Untuk Membeli Rumah Saat Pameran Properti – Jika anda sedang kesulitan dalam mencari rumah atau hunian, mengunjungi pameran properti bisa menjadi solusi anda. Ya, berburu rumah impian pada saat pameran properti memang memiliki banyak keuntungan. Selain banyak pilihan hunian dari berbagai developer, biasanya para developer juga memberikan berbagai penawaran yang menarik selama pameran properti berlangsung.

Melihat banyaknya penawaran yang menarik dari berbagai developer, anda sebagai calon pembeli juga harus berhati-hati dalam memilih agar tidak salah dalam memilih rumah. Oleh karena itu, sebelum berburu rumah di pameran properti, sebaiknya persiapkan diri dahulu agar menemukan rumah impian yang tepat.

Baca Juga :


Begini tips mempersiapkan diri untuk membeli rumah saat pameran properti

Kenali karakter anda sendiri

Sebelum memulai berburu rumah impian di pameran properti, sebaiknya pastikan dahulu kepada diri anda sendiri. Apakah anda bisa tinggal di daerah yang jauh? Jika iya, anda bisa memilih perumahan yang berada di pinggiran kota. Sebaliknya, jika anda memilih untuk tinggal di tengah kota agar lebih dekat ke tempat kerja dan lainnya, Apartemen bisa menjadi hunian yang cocok.

Ketahui kemampuan finansial sendiri

Hal kedua yang harus anda perhatikan adalah kemampuan finansial diri anda sendiri. Dengan memperhatikan kemampuan finansial anda, anda bisa lebih mudah dalam memilih hunian yang tepat bagi anda dan kisaran harga yang tepat.

Jika anda menggabungkan pendapatan dengan pasangan, setidaknya limit cicilan KPR juga bisa diperbesar. Sebaiknya susun agar cicilan perbulan tidak lebih dari 30% dari total pendapatan anda dan pasangan agar pembayaran lebih ringan dan tidak mengganggu keuangan anda dan pasangan.

Surat pesanana rumah

Jika anda sudah mempersiapkan diri dan finansial dengan baik, saatnya untuk mencari rumah impian anda. Apabila sudah menemukan rumah yang diinginkan, pastikan untuk tidak tergesa-gesa dalam membayar uang DP (Down Payment).

Jangan ragu untuk meminta developer membuat surat pesanan rumah secara tertulis apa saja janji dan penawaran yang akan diberikan. Pastikan juga surat tersebut tercantum tanda tangan anda dan pihak developer.

Biasanya surat pesanan rumah juga terdapat klausul yang berisi apabila pembeli tidak menandatangani PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) dalam jangka waktu yang ditetapkan, maka pesanan akan hangus. Sayangnya kebanyakan developer tidak memberitahukan surat PPJB tersebut saat pameran.

Itulah tips mempersiapkan diri untuk membeli rumah saat pameran properti. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY