MUDIK LEBARAN : Berikut 5 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

0
724
MUDIK LEBARAN : Berikut 5 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

MUDIK LEBARAN : Berikut 5 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Lebaran sudah dekat. Pasti banyak dari anda yang sudah merencanakan untuk mudik saat lebaran nanti. Tidak sedikit pula dari kalian yang khawatir akan keamanan rumah saat ditinggal mudik.

Para penjahat banyak yang memanfaatkan momen lebaran untuk menjadikan rumah pemudik sebagai target kejahatan. Pastinya anda tidak mau rumah anda menjadi salah satunya.

Baca Juga  :


Berikut 5 tips meninggalkan rumah saat mudik.

1. Kunci semua pintu dan jendela rumah

Sebelum meninggalkan rumah pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci. Bila perlu pasang pengamanan rangkap pada bagian yang sering menjadi incaran penjahat seperti lemari, kamar tidur dan pintu belakang rumah.

2. Jangan perlihatkan rumah dalam keadaan kosong

Memperlihatkan rumah dalam keadaan kosong tentu akan mengundang perhatian pencuri. Gunakan lampu yang bisa diatur waktu menyalanya. Aturlah agar lampu menyala saat malam dan mati di siang hari. Dengan begitu, rumah tidak akan terlihat kosong.

3. Cek peralatan listrik dan kompor

Pastikan untuk tidak lupa melepas regulator tabung gas. Jangan lupa juga untuk mematikan semua aliran listrik yang tidak diperlukan untuk mencegah terjadinya korsleting yang dapat memicu kebakaran.

4. Pasang CCTV

Jika anda memiliki dana lebih, tidak ada salahnya untuk memasang CCTV di beberapa sudut rumah. CCTV ini dapat dihubungkan langsung dengan smartphone Anda, sehingga Anda bisa tetap mengawasi rumah dari jauh.

5. Simpan barang berharga

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya jika Anda menyimpan barang berharga di tempat paling tersembunyi di rumah. Anda juga dapat menggunakan safe deposit box di bank untuk menyimpan barang berharga tersebut agar lebih aman.

Itulah 5 Tips meninggalkan rumah saat mudik. Selamat mudik dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY