Unik! Ini nih Perabotan Dari Bahan Limbah Keramik

0
50
Unik! Ini nih Perabotan Dari Bahan Limbah Keramik

Unik! Ini nih Perabotan Dari Bahan Limbah Keramik – Jika biasanya perabotan menggunakan bahan atau material dari kayu, logam, besi dan sebagainya, berbeda dengan perabotan yang satu ini loh. Ya, sebuah studio di China, Bentu Design telah menciptakan sebuah inovasi baru.

Unik! Ini nih Perabotan Dari Bahan Limbah KeramikYa, mereka berhasil menciptakan perabotan dari bahan limbah keramik. Limbah keramik yang seharusnya dibuang disulap menjadi perabotan seperti meja, kap lampu, hingga kursi. Keren bukan? Bentu Design memilih untuk membuat perabotan yang lebih banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah agar setiap orang  lebih mengetahui asal-usul perabotan yang digunakan.

Baca Juga :


Ini nih perabotan dari bahan limbah keramik

Unik! Ini nih Perabotan Dari Bahan Limbah KeramikUntuk bahan bakunya sendiri terdiri atas campuran limbah keramik dan beton. Untuk menghasilkan perabotan, campuran dari limbah keramik dan beton akan dituangkan pada cetakan dan dibiarkan hingga mengering. Setelah mengering, barulah perabotan akan diberikan warna sesuai dengan keinginan.

Lebih uniknya lagi, Bentu Design tidak hanya menggunakan limbah keramik saja. Mereka juga telah bereksperimen untuk menciptakan perabotan dengan berbagai bahan seperti semen, bekas pipa industri, teraso, minyak, bahkan kotoran hewan yak.

Menurut Bentu Design, upaya ini merupakan salah satu cara guna menghemat sumber daya, mengurangi konsumsi energi, dan juga memperkenalkan sistem daur ulang pada kehidupan sehari-hari.

“Kami bahkan sudah mencoba untuk meregenerasi beberapa bahan lain mulai dari abu dari tulang hewan sampai jerami,” ujar Bentu.

Unik! Ini nih Perabotan Dari Bahan Limbah KeramikSebelumnya, Bentu Design juga sudah menggunakan teknik daur ulang ini untuk menciptakan ubin bertekstur gaya teraso dari daur ulang limbah yang dipadukan dengan ubin lama. Ubin lama tersebut berasal dari kota Foshan, China dimana merupakan salah satu pusat industri di China.

Meski setiap tahunnya permintaan terus meningkat, namun hal tersebut juga berlaku untuk jumlah limbah yang dihasilkan. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengurangi limbah adalah dengan mendaur ulangnya kembali.

Saat ini juga semakin banyak pabrik daur ulang yang menggantikan beberapa pabrik di dalam kota. Akhir kata, Bentu Design berharap dengan semakin maraknya daur ulang ini dapat membantu mengurangi limbah-limbah yang harus dibuang.

Itulah Ini nih perabotan dari bahan limbah keramik. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY