Keren! Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi Di Belanda

0
1359
Keren! Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi Di Belanda

Keren! Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi Di Belanda – Tenant Patch22 merupakan rancangan gedung apartemen tertinggi di Belanda yang menggunakan bahan dasar kayu. Dengan konsep fleksibilitas bangunan ini, memberikan keuntungan dalam menyesuaikan fungsi gedung.

Mengutip Inhabitat, Architecture firm Frantzen et al Architecten selaku perancang arsitektur merancang bangunan ini dengan mengedepankan multifungsi.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kondisi di masa depan yang akan mengalami banyak perubahan. Sehingga bangunan ini dapat menampung unit rumah atau ruang kantor tergantung pada keadaan.

Gedung kayu tertinggi yang terletak di Amsterdam ini memiliki 98 kaki susunan beban bantalan kayu yang tinggi dengan kolom kayu, balok dan dinding yang dibiarkan terbuka di bagian interior. Hal ini memenuhi semua ketentuan jika terjadi kebakaran dan memungkinkan penghuni untuk dengan mudah mencapai dan menginstalasi ulang pemasangan pipa mereka sendiri tergantung pada tata letak yang dipilih.

Berkat tingkat fleksibilitas yang tinggi, Patch22 dapat dengan mudah beralih fungsi dari proyek perumahan menjadi sebuah gedung perkantoran. Selain itu, bangunan ini juga mampu menghasilkan energi dengan memanfaatkan panel surya yang dipasang di atapnya.

Kemudian, sebuah sistem pemanas karbon-netral menggunakan pelat berfungsi sebagai bahan bakar untuk menjaga suhu ruangan agar tetap hangat.

Patch22, dijelaskan lebih lanjut merupakan hasil pemikiran Frantzen et al Architecten bersama konsultan instalasi H20 yang bersama-sama mendirikan Lemniskade Proyek untuk mewujudkan proyek yang memenangkan Sustainability Tender Amsterdam Buiksloterham pada tahun 2009.

Baca Juga :

Sumber : okezone.com

SHARE

LEAVE A REPLY