Desain Rumah Bergaya Spanyol yang Sederhana dan Nyaman

0
39

Desain Rumah Bergaya Spanyol yang Sederhana dan Nyaman

Memiliki rumah yang cantik dan nyaman merupakan impian banyak orang. Rumah yang nyaman membuat suasana hati lebih bahagia. Ada banyak gaya hunian yang memberikan kesan nyaman dan hangat. Salah satunya, rumah bergaya Spanyol.

Rumah bergaya Spanyol biasanya memiliki ciri-ciri, seperti beratap rendah, berwarna putih atau terbuat dari batu, dan memiliki garis sederhana seperti di pedesaan Spanyol. Dikutip dari Homes and Gardens.

Eksterior rumah terbuat dari batu alam

Desain Rumah Bergaya Spanyol yang Sederhana dan Nyaman

Rumah di pemukiman Spanyol biasanya dibangun dengan material bagunan setempat, salah satunya batu alam. Material batu alam membuat bangunan terlihat estetik dan kokoh.  Sementara itu, Nastassja Bowman, desainer interior dri Kristen Elizabeth Designs, mengatakan bahwa penggunaan material batu pada eksterior rumah bertujuan agar hunian terasa menyatu dengan kondisi alam setempat.

Desain Rumah Bergaya Spanyol yang Sederhana dan Nyaman

Baca Juga: Tips Dan Cara Agar Rumah Selalu Tampak Bersih dan Rapi

Tekstur dan pola batu yang tidak seragam membuat rumah terlihat lebih estetik. Detail arsitektur penting lainnya yang perlu diperhatikan yaitu jendela kecil, genteng tanah liat, dan detail jendela serta pintu melengkung.

Perpaduan elemen-elemen tersebut membuat gaya Spanyol terasa sangat kuat pada hunian tersebut.

Tambahkan hiasan dari besi

Desain Rumah Bergaya Spanyol yang Sederhana dan Nyaman

Selanjutnya, ide desain rumah bergaya Spanyol yaitu menambah detail hiasan dari besi. Misalnya, membuat kisi-kisi jendela atau besi yang mewah.  Selain hiasan di luar rumah, hiasan besi juga bisa ditampilkan pada hiasan dinding rumah. Detail dari besi membuat rumah terlihat unik dan menawan.

Pasang balok langit-langit rumah dan buat pintu melengkung

Ciri lainnya dari rumah bergaya Spanyol yaitu menggunakan balok kayu di langit-langit rumah dan pintu melengkung.  Julia Dempster, seorang desainer mengatakan setiap detail pada rumah bergaya Spanyol memiliki daya tarik tersendiri.

Selain memasang balok kayu dan pintu melengkung, dinding berwarna putih terang juga menjadi ciri khas rumah Spanyol. Dinding putih memberikan kesan tenang di dalam ruangan. Dinding berwarna putih cocok dipadukan dengan pola yang rumit dan warna hangat, sehingga membuat rumah terlihat anggun.

Buat dapur dari material kayu gelap

Dapur di rumah bergaya Spanyol biasanya banyak menggunakan material alami seperti kayu. Material ini cukup mendominasi ruangan.

Material kayu bisa digunakan pada lemari dapur, lantai, dan meja dapur. Sedangkan dindingnya dibuat bersih dengan cat warna putih terang.

Menggunakan ubin terakota

Terakhir, ide desain rumah bergaya Spanyol yaitu menggunakan ubin terakota. Lantai dari material alami ini membuat rumah terasa hangat dan nyaman.  Selain menggunakan ubin terakota, rumah bergaya Spanyol juga seringkali menggunakan ubin dekoratif yang menambah keindahan rumah.