Atasi Genteng Bocor Dengan 6 Cara Ini

0
2569
Atasi Genteng Bocor Dengan 5 Cara Ini
Image: zevanna.com

Atasi Genteng Bocor Dengan 6 Cara Ini

Setiap rumah pernah mengalami kebocoran. Ketika kebocoran terjadi, maka air pun akan sangat leluasa masuk ke rumah serta akan mengganggu aktivitas penghuni rumah. Terkadang pemilik rumah menyepelekan masalah kebocoran yang terjadi dan akan memperbaikinya ketika bocor tersebut sudah parah.

Kebocoran yang terjadi bisa disebabkan sejumlah hal, entah itu karena genteng rusak, bergeser atau karena hal lainnya. Demi kenyamanan semua penghuni rumah, maka dari itu perbaikilah kebocoran yang terjadi segera mungkin. Lantas bagaimana cara mengatasi genteng bocor ? berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Genteng Bocor

1. Gunakan styrofoam.

  • Pertama, sediakanlah kaleng berukuran cukup besar sebagai tempat pembuatan pasta penambal genteng.
  • potonglah styrofoam hingga kecil-kecil dan masukkan ke kaleng tersebut.
  • tuangkan bensin secukupnya ke dalam kaleng, bensin berfungsi untuk mengubah wujud styrofoam dari padat menjadi cair. Jangan lupa aduk campuran tersebut sampai styrofoam benar-benar cair.
  • haluskanlah permukaan genteng dengan ampelas sehingga pori-porinya lebih terbuka. Hal ini memungkinkan pasta styrofoam akan menempel kuat pada genteng.
  • gunakan kuas untuk mengoleskan pasta perekat styrofoam tepat pada bagian genteng yang retak.

Namun, yang perlu Anda tahu metode ini hanya bertahan untuk menutupi lubang di genteng Anda sekira enam bulan saja.

2. Lapisan Anti Bocor.

Kebocoran yang disebabkan karena genteng retak sedikit ataupun hanya berlubang kecil, untuk mengatasinya dengan cara memberikan cat pelapis anti bocor. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu seperti cara mengecat tembok Anda tinggal mengolesinya saja. Apabila sudah diberikan cat anti bocor, maka tunggu hasilnya ketika hujan tiba apakah masih bocor atau tidak, apabila masih bocor maka bisa mencobanya dengan cara lain.

3. Perbaiki atau Ganti Genteng.

Untuk masalah atap bocor yang di akibatkan karena posisi genteng atap rumah yang tak sesuai, bergeser atau pecah solusinya ialah dengan cara mengganti genteng tersebut serta lakukanlah penataan ulang yang sesuai. Untuk genteng yang pecah gantilah dengan jenis material yang berkualitas, supaya di kemudian hari tak terjadi masalah yang serupa.

4. Lapisan Karpet Anti Air.

Apabila kebocoran yang terjadi karena tak diketahui apa itu penyebabnya, Anda bisa menambahkan karpet khusus yang dipergunakan untuk lapisan bagian atap rumah. Berilah karpet khusus tersebut di area kebocoran yang terjadi.

5. Perbaiki Talang Air dan Pipa Pembuangan.

Penyebab rumah bocor bisa saja terjadi karena talang air yang mampet, rusak, pecah, kemiringannya kurang benar atau karena hal lainnya sehingga ketika hujan tiba, talang tak mampu menahan air. Periksalah talang air, apabila dirasa rusak serakah ganti talang tersebut.

6. Merombak Ulang Atap Bangunan Rumah Anda.

Konstruksi rumah yang tak tepat dapat mengakibatkan kebocoran, semisal kemiringan atap yang kurang atau karena bentuk atap yang tak proporsional. Untuk mengatasi hal ini mau tak mau Anda mesti merenovasi atap rumah supaya tak terjadi kebocoran lagi dan bisa menggantinya dengan asbes.

Itulah beberapa cara mengatasi genteng bocor, semoga bermanfaat. Apabila ada cara dan tips lainnya silahkan share melalui komentar.

Sumber : http://riesalam.com

SHARE

LEAVE A REPLY