Bahaya! Ini Tanda Kalo Listrik Di Rumah Mu Bermasalah

0
40
Bahaya! Ini Tanda Kalo Listrik Di Rumah Mu Bermasalah -

Bahaya! Ini Tanda Kalo Listrik Di Rumah Mu Bermasalah – Listrik adalah sumber utama kita dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.Namun, kebanyakan orang tidak memperhatikan atau lalai dengan keadaan aliran listrik di rumah mereka. Kelalaian ini bisa menyebabkan potensi berbahaya seperti korsleting listrik, yang akhirnya dapat menyebabkan kebakaran rumah.

Dilansir dari American Home Shield, Kamis (31/3/2022), menurut Electricity Safety Foundation International, malfungsi listrik menyebabkan lebih dari 50 ribu kebakaran rumah yang sebagian besar sebenarnya dapat dicegah setiap tahun.

Ada banyak bahaya kebakaran listrik yang tersembunyi di dalam dinding rumah Anda. Namun, jika tahu cara mengenali tanda-tanda peringatan, Anda dapat melakukan perbaikan proaktif  yang akan membantu melindungi rumah dalam jangka panjang. Berikut adalah tanda-tanda listrik rumah bermasalah yang harus diwaspadai.

Ada bau tidak biasa dari kabel listrik Lihat Foto Ilustrasi stopkontak

Benda baru dalam rumah mungkin menghasilkan bau tidak biasa saat pertama kali dipasang. Ini bisa jadi karena cat alat, lapisan akhir, atau masalah permukaan lainnya. Namun, jika mendeteksi bau aneh yang berasal dari stopkontak, cabut apa pun yang terhubung dengannya dan jangan gunakan lagi sampai teknisi listrik memeriksanya. Selain itu, jika panel pemutus atau kotak sekering Anda mengeluarkan bau aneh, segera hubungi teknisi listrik.

Produk listrik palsu

Jika pernah pergi ke pasar loak dan melihat penjual menjual barang-barang seperti kabel ekstensi, soket ekstensi, dan lampu malam dengan harga sangat murah, berhati-hatilah. Ada kemungkinan besar barang-barang tersebut palsu atau tidak memenuhi standar industri atau pemerintah dan sangat berbahaya. Pastikan produk listrik yang palsu tersebut tidak ada di rumah Anda serta beli produk listrik dari dealer yang memiliki reputasi baik dan mapan.

Outlet dan sakelar yang hangat

Jika sakelar lampu hangat saat disentuh atau stopkontak menyala, segera hubungi ahli listrik profesional untuk melihat apakah kabel listrik perlu diperbaiki atau perlengkapannya harus diganti.

Bahaya! Ini Tanda Kalo Listrik Di Rumah Mu Bermasalah

Suara mendengung

Stopkontak dan sakelar harus beroperasi tanpa suara. Jika mendengar suara mendengung, retak, atau mendesis saat mencolokkan perangkat ke stopkontak, segera matikan daya ke perlengkapan itu dan konsultasikan dengan ahli listrik profesional.

Lampu berkedip

Lampu yang berkedip-kedip biasanya menunjukkan lonjakan listrik. Lonjakan ini dapat berdampak pada peralatan dan perlengkapan listrik. Jika lampu berkedip sering terjadi, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan memperbarui kabel listrik di rumah Anda.

Sakelar lampu rusak dan stopkontak longgar

Jika sakelar atau stopkontak berhenti bekerja atau hanya bekerja sebentar-sebentar, itu bisa menjadi tanda kabel listrik longgar serta memiliki potensi bahaya kebakaran lainnya. Stopkontak yang longgar juga berpotensi menimbulkan sengatan listrik. Bahkan stopkontak yang terbuka sebagian dapat mengejutkan orang yang tidak mengetahuinya saat sedang mencolokkan atau mencabut kabel.

Masalah pemutus sirkuit

Pemutus sirkuit dirancang untuk trip ketika sirkuit kelebihan beban. Ketika listrik mati sesekali, hal ini mungkin menunjukkan kelebihan beban sederhana. Namun, apabila listrik mati berulang kali, Anda perlu memanggil ahli listrik dan memintanya mengevaluasi semua sistem kelistrikan di rumah.

Baca Juga : https://blog.rumahdewi.com/ini-dia-tips-menciptakan-ruang-bermain-anak-yang-aman-dan-nyaman/

SHARE