Beberapa Cara Agar Tubuh Tetap Berenergi Ketika Berpuasa

0
1094
Beberapa Cara Agar Tubuh Tetap Berenergi Ketika Berpuasa

Beberapa Cara Agar Tubuh Tetap Berenergi Ketika Berpuasa – Ketika sedang berpuasa pastinya tubuh kita akan menjadi kurang berenergi karena kurangnya asupan makanan dan minuman. Tubuh kita akan terlihat lebih lesu dan tidak bergairah. Ini mengakibatkan kinerja kita menjadi turun dan tidak produktif. Apalagi jika anda yang juga sedang bekerja. Pastinya akan terlihat bermalas-malasan. Sebelum anda di tegur, ada beberapa tips yang akan membuat anda menjadi berenergi kembali.

baca juga :


Anda akan merasa kehilangan energi ketika tengah hari ataupun ketika sedang berjuang menyelesaikan suatu pekerjaan. Maka dari itu, berikut ini tips agar dapat meninggkatkan energi anda saat berpuasa

Mengonsumsi makanan yang menghasilkan energi

Untuk menghasilkan energi, anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Kombinasi karbohidrat yang kompleks seperti sayuran hijau ataupun roti yang terbuat dari gandum. Untuk protein seperti ayam, telur, tahu, keju yang dapat memberikan energi tambahan.

Mengapa karbohidrat dan protein itu penting? Karena tubuh kita ini dapat mengurai karbohidrat yang kemudian diserap ke dalam aliran darah untuk menghasilkan energi. Sedangkan protein itu kerjanya untuk memperlambat proses tersebut sehingga kadar gula tetap stabil dan energi dapat berlangsung lebih lama.

Pola Makan saat Buka puasa dan sahur

Pola makan ketika puasa dan sahur juga akan mempengaruhi energi anda.  Santaplahmakanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan magnesium. Tetap menjaga kadar gula darah normal dan juga mengonsumsi vitamin dan nutrisi penting untuk menjaga tubuh tetap berenergi.

Asupan Cairan Anda

Yang membuat anda kehabisan energi ketika berpuasa itu adalah kurang nya cairan. Bahkan dehidrasi ringan juga dapat menghabiskan energi anda dan juga menganggu kemampuan berpikiri dan logika anda.

Karena tidak bisa minum walaupun sudah haus, pastikan anda memenuhi kebutuhan cairan anda saat berbuka puasa ataupun sahur. Anda bisa menggunakan rumus 4-4-2, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari, 2 gelas saat sahur.

Istirahat

Walaupun anda ingin menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin, tapi lebih baiknya anda beristirahat selama 5 – 10 menit. Karena itu dapat dengan cepat meningkatkan energi serta produktivitas secara keseluruhan. Jika anda melewatkan sebagian besar waktu anda dengan duduk, maka usahakan beristirahat selama 30 detik sebanyak 4 kali setiap jam, dan selama 14 menit setiap 2 jam. Hal ini dapat meningkatkan energi anda saat berpuasa sehingga anda tetap dapat berkonsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan anda.

LEAVE A REPLY