Beberapa Desain Rumah Unik yang Ada di Dunia

0
162

Beberapa Desain Rumah Unik yang Ada di Dunia

Kreativitas dalam membangun rumah memang tidak ada batasannya. Tak hanya sebagai tempat berlindung dan berkumpul bersama keluarga, rumah-rumah ini pun juga dibangun dengan desain yang unik dan tidak biasa. Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya.

Rumah Kayu Terbalik

Beberapa Desain Rumah Unik yang Ada di Dunia

Rumah unik yang satu ini dapat Anda temukan di Desa Szymbark, Polandia. Menggunakan material kayu sebagai dindingnya, bangunan rumah sengaja dibangun terbalik dengan atap rumah di bagian bawah.

Rumah ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah proyek yang diciptakan oleh pebisnis asal Polandia, Daniel Czapiwski sebagai bentuk protes atas komunisme yang berlaku di Polandisa. Karena keunikannya, banyak turis lokal dan mancanegara yang berkunjung ke rumah ini untuk berfoto dan dan melihat interior rumah yang semuanya ditata terbalik.

 

Rumah Berbentuk Toilet

Beberapa Desain Rumah Unik yang Ada di Dunia

Rumah yang jika dilihat dari atas berbentuk toilet ini terletak di Kota Suwon, Korea Selatan, tepatnya di Taman Toilet Suwon. Rumah ini dulunya merupakan tempat tinggal dari Sim Jae Duck, pendiri Asosiasi Toilet Dunia (World Toilet Association).

Memiliki misi untuk memberitahu kepada dunia akan pentingnya toilet yang higienis, Sim pun merombak ulang rumahnya menjadi berbentuk jamban raksasa atas bantuan arsitek ternama Korea Selatan, Go Gi Wong. Setelah Sim wafat, rumah ini kemudian beralih fungsi menjadi museum yang menampilkan aneka jenis toilet serta beragam karya seni bertema toilet.

 

Rumah Geometris Futuristik

Beberapa Desain Rumah Unik yang Ada di Dunia

 

Rumah geometris futuristis ini merupakan karya J. Mayer. H, arsitek terkenal asal Jerman. Desain rumah ini terlihat memesona karena memiliki bentuk kubus yang menjorok tak beraturan ke berbagai arah derta paduan warna putih dan hitam yang elegan.

Di salah satu sisi rumah, terdapat kolam renang indoor yang dikelilingi jendela kaca besar. Bangunan rumah berbentuk geometris futuristik ini pun tampak begitu kontras dengan hamparan rerumputan hijau di sekitarnya.

 

Rumah Minimalis Mukesh Ambani

Beberapa Desain Rumah Unik yang Ada di Dunia

Rumah minimalis milik Mukesh Ambani ini disebut-sebut sebagai rumah paling mahal di dunia. Bagaimana tidak, dibangun oleh orang terkaya di India dan kesembilan di dunia versi majalah Forbes, rumah 27 lantai ini dibangun mengikuti konsep arsitektur tradisional India dengan total biaya tak kurang dari Rp13,4 triliun.

Di bagian dalam, kesan mewah terasa dari dominasi warna emas dan cokelat yang merupakan warna-warna simbolis rumah tradisional India. Tak ketinggalan, furnitur-furnitur mahal pun menyempurnakan nuansa mewah dan elegan yang dihadirkan.

 

Beberapa Desain Rumah Unik yang Ada di Dunia

Baca Juga: Desain untuk Rumah Minimalis Modern 6×8 Meter

Split Grow (Splow) House

Beberapa Desain Rumah Unik yang Ada di Dunia

Minimnya lahan perkotaan, keterbatasan untuk pembangunan rumah, serta tuntutan akan hunian yang nyaman akhirnya menghasilkan konsep rumah tumbuh atau Splow House. Dirancang dengan cerdik oleh arsitek Muhammad Egha, Sunjaya Askaria, Hezby Ryandi, serta Fahmi Desrizal, rumah unik ini dibangun di atas lahan seluas 6 x 15 meter di kawasan Tebet, Jakarta.

Meski dari luar terlihat mungil, bagian dalam rumah ternyata cukup lapang dan nyaman. Dengan konsep split, para perancang Splow House sengaja membagi setiap lantai rumah menjadi setengah lantai dan menghubungkannya dengan tangga. Jadi meski dari luar terlihat  memiliki dua lantai, rumah ini sebenarnya terdiri dari tiga lantai.

Tak hanya itu saya, konsep penyederhanaan rumah pun juga terbilang unik. Di ruang makan, terdapat sebuah meja lipat yang bisa dibuat lebih panjang dan rak penyimpanan yang menjadi kesatuan dengan anak tangga.

 

Rumah Sepatu

Beberapa Desain Rumah Unik yang Ada di Dunia

Rumah berbentuk sepatu atau The Haines Shoe House terletak di Hellam Township, Pennsylvania, Amerika Serikat. Dari luar, rumah ini memang memiliki bentuk seperti sepatu raksasa berwarna putih. Menurut sejarahnya, pembangunan rumah ini berawal dari ide untuk membuat iklan toko sepatu Mahlon Haines pada tahun 1948.

Sempat disewakan sebagai rumah tinggal, kini The Haines Shoe House menjadi salah satu destinasi wisata andalan Pennsylvania yang setiap harinya selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Demikianlah beberapa desain rumah unik di dunia yang bisa Anda jadikan inspirasi. Agar rumah Anda terlindungi dari segala macam hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda telah mengasuransikan rumah Anda di Asuransi Rumah Idaman (ASRI) dari ACA. Semoga bermanfaat!