Ini nih Stadion Keren di Kota Hangzhou Untuk Sambut Asian Games 2022

0
648
Ini nih Stadion Keren di Kota Hangzhou Untuk Sambut Asian Games 2022

Ini nih Stadion Keren di Kota Hangzhou Untuk Sambut Asian Games 2022 – Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang memang telah usai. Asian Games berikutnya akan dihelat di kota Hangzhou, China pada tahun 2022. Penetapan kota Hangzhou sebagai tuan rumah Asian Games ke-19 tersebut sudah ditetapkan pada September 2015 lalu.

Bagi anda yang tidak tahu mengenai kota Hangzhou, kota ini merupakan ibukota dari Provinzi Zhejiang, China Timur. Kota ini juga sedang berkembang sangat pesat hingga tiga kali lipat dalam dekade terakhir ini. Kota Hangzhou juga terkenal karena merupakan kota kelahiran Jack Ma, Pemilik Alibaba sekaligus orang terkaya di China. Markas besar Alibaba juga berada di kota Hangzhou.

Baca Juga :


Ini nih Stadion Keren di Kota Hangzhou Untuk Sambut Asian Games 2022

Nah, karena menjadi tuan rumah untuk Asian Games 2022, saat ini pemerintah sedang membangun berbagai fasilitas olahraga serta ruang publik. Untuk acara pembukaan, pemerintah China juga sedang membangun Stadion Hangzhou Olympic Sports Centre.

Biaya untuk membangun sarana olahraga ini juga tidak tanggung-tanggung loh. Pemerintah China menyiapkan dana sebesar 2,59 miliar yuan atau sekitar 5,5 triliun rupiah. Angka tersebut belum termasuk harga tanah untuk pembangunan stadion loh.

Lokasi dari stadion ini sendiri sangat strategis dan unik karena berdekatan dengan sungai Qiantang dan Jembatan Qianjiang. Stadion ini juga memiliki kapasitas yang dapat menampung 80.000 orang. Disekitar stadion ini juga terdapat berbagai venue lain seperti kolam renang, lapangan baseball, softball, hoki, tenis, atletik dalam ruangan, dan olahraga berat. Semua venue ini memiliki kapasitas mencapai 18.000 orang.

Tak hanya itu, kompleks olahraga ini juga akan menjadi salah satu kompleks olahraga dan stadion terbesar di China dan bertaraf internasional dan kelas dunia. Bahkan strukur bangunannya diklaim bisa tahan hingga 100 tahun kedepan. Stadion Hangzhou Olympic Sports Centre juga akan menjadi ikon baru kota Hangzhou.

Total luas stadion ini adalah 225.000 meter persegi dan memiliki 6 lantai di atas tanah dan 6 lantai di bawah tanah. Stadion ini bahkan lebih besar daripada Stadion Bird’s Nest yang ada di Beijing. Untuk urusan desain dan keseluruhan rancangannya dikerjakan oleh perusahaan arsitektur NBBJ yang bekerja sama dengan CCDI.

Tak hanya venue-venue olahraga, di kompleks tersebut juga akan ada Pusat Kebudayaan Hangzhou, Museum Sigillography China, dan Pusat Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda. Keren bukan?

LEAVE A REPLY