Beberapa Tips Untuk Merawat Kolam Renang Pribadi di Rumah

0
6226
Beberapa Tips Untuk Merawat Kolam Renang Pribadi di Rumah

Beberapa Tips Untuk Merawat Kolam Renang Pribadi di Rumah – Mempunyai kolam renang pribadi dirumah itu merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika anda itu memiliki hobi renang. Maka anda sudah tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat kolam renang komplek ataupun kolam renang daerah lain. Dengan kolam renang pribadi, anda sudah bisa sesuka hati menceburkan diri , mau pagi siang malam juga bisa. Selain menyenangkan, anda juga perlu memikirkan perawatan dan pemeliharaan kolam renang anda sendiri.

Perawatan kolam renang ini jika tidak dilakukan dengan tepat maka akan mengakibatkan air menjadi keruh, mata gatal, munculnya bau klorin yang menyengat, warna kolam yang berubah, hingga bisa menyebabkan penyakit menular melalui air. Maka dari itu, kolam itu harus di bersihkan secara teratur walaupun penggunaannya hanya sebatas satu keluarga.

baca juga :


Kolam renang biasanya berada di tempat terbuka, sehingga ketika hujan, air hujan pun ikut mengisi di kolam tersebut, dan juga serangga dan dedaunan bisa masuk ke kolam dan dapat membusuk.

Berikut ini Tips untuk Merawat Kolam Renang Anda

Perawatan seminggu dua kali :
-Tingkat pH perlu dicek dua kali seminggu, dimana pH hair kolam harus sedikit basa. Jika tingkat pH salah, maka dapat beresiko kerusakan kolam.

-Membersihkan kolam agar bakteri tidak berkembang biak. Pembersihan dapat menggunakan klorin dalam bentuk tablet.

-Benda yang masuk ke kolam juga harus di bersihkan dengan menggunakan jaring, lantai dan dinding kolam juga harus di bersihkan.

Perawatan seminggu sekali :
-Bila air kelihatan keruh, tambahkan clarifier ke air

-Pada pagi hari, kolam sebaiknya diberi algaecide seminggu sekali untuk menghancurkan ganggang tanpa merusak ubin kolam

-Tambahkan bahan kimia yang dapat menghilangkan partikel logam dari air.

Perawatan bulanan :
-Tingkat alkalinitas yang tepat dapat mencegah perubahan mendadak dalam tingkat pH kolam

-Periksa kalsium untuk menghindari korosi.

Bila anda ingin menghemat biaya perawatan, dapat menggunakan penutup kolam renang agar mencegah benda masuk ke dalam kolam.