Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Menggunakan Kompor Tanam

0
200
Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Menggunakan Kompor Tanam

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Menggunakan Kompor Tanam – Kompor tanam merupakan kompor built-in hop yang dipasang menyatu dengan kabinet atau meja dapur. Singkatnya, kompor tanam biasanya tertanam dalam meja dengan tungku yang terlihat seakan menyatu dengan permukaan meja. Desain kompor ini cenderung minimalis namun memberikan kesan elegan sekaligus mewah.

Mengingat bahwa kompor merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki setiap orang. Pasalnya, fungsinya sangat penting dan esensial untuk memasak dan memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

Kelebihan Kompor Tanam

1. Tampilan Dapur Lebih Rapi

Buat Sobat Shopee yang memiliki rumah dengan interior minimalis, maka penggunaan kompor tanam adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, kompor tanam memiliki desain yang simple dan modern sehingga hanya bagian tungku saja yang terlihat.

Dengan begitu, selang gas dan bagian kompor lainnya tidak akan terlihat. Dapur pun tidak akan terlihat berantakan.

2. Memiliki Banyak Fitur Tambahan

Berbeda dengan kompor minyak tanah dan kompor gas biasa yang penggunaanya manual, kelebihan kompor tanam lainnya adalah memiliki banyak fitur tambahan. Misalnya saja timer untuk memasak.

Timer yang tersedia pada kompor tanam ini bisa diatur secara otomatis. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut masakan akan kematangan dan lainnya.

3. Minim Risiko dan Lebih Aman

Kelebihan dari kompor tanam lainnya adalah minimnya risiko dan lebih aman karena beberapa kompor gas tanam memiliki timer. Dengan demikian, dapat meminimalisir risiko terjadinya kebakaran saat memasak.

Selain itu, permukaannya yang datar dan permanen membuat kompor tidak dapat tergeser dan tersenggol.

4. Lebih Mudah Dibersihkan

Rasanya memang kurang nyaman jika kompor yang digunakan setiap hari itu kotor. Nah, salah satu kelebihan dari kompor tanam ini adalah lebih mudah dibersihkan. Cocok banget buat Sobat Shopee yang suka hidup praktis!

Selain itu, terbuat dari bahan stainless steel, kompor tanam tidak mudah berkarat serta tahan terhadap minyak dan air.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Menggunakan Kompor Tanam

Kekurangan Kompor Tanam

1. Pemasangan yang Tidak Mudah

Di sisi lain, terdapat beberapa kekurangan pada kompor tanam. Mengingat kompor ini ditanam permanen pada kabinet, maka pemasangannya pun tidak mudah. Berbeda dengan kompor biasa yang bisa kamu pasang sendiri.

Pemasangan kompor tanam memerlukan orang yang ahli karena pipi dan bagian kompor lainnya harus diletakkan tersembunyi.

2. Posisi Tidak Dapat Diubah

Kekurangan kompor tanam lainnya adalah posisi yang tidak dapat diubah. Hal ini dikarenakan kompor tanam dipasang secara permanen. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa posisi kompor tanam sudah tepat.

Di sisi lain, kamu juga harus memperhatikan peralatan masak yang digunakan karena tidak semuanya cocok, terutama kompor induksi tanam.

3. Fungsi Terbatas dan Bisa Boros Listrik

Kompor tanam juga memiliki fungsi yang terbatas. Misalnya saja kamu tidak bisa memasak menggunakan oven karena bentuk permukaan kompor tanam yang tidak sesuai dengan bentuk oven.

Baca Juga : https://blog.rumahdewi.com/water-heater-gas-vs-listrik-lebih-aman-mana/