Berencana Membangun Ruang Bawah Tanah? Berikut Hal Yang Harus Di Perhatikan

0
66
Berencana Membangun Ruang Bawah Tanah? Berikut Hal Yang Harus Di Perhatikan

Berencana Membangun Ruang Bawah Tanah? Berikut Hal Yang Harus Di Perhatikan – Ruang bawah tanah atau basement merupakan sebuah bangunan yang keseluruhan atau sebagian terletak di bawah tanah.

Basement biasanya digunakan sebagai tempat parkir, ruang utilitas untuk bangunan seperti boiler, pemanas air, panel pemutus atau kotak sekering, tempat parkir, dan sistem pendingin udara. Tak hanya itu, basement juga digunakan tempat penyimpanan distribusi listrik dan titik distribusi televisi kabel.

Adapun yang perlu diperhatikan ketika membuat basement:

1. Bentuknya

Opsi yang paling hemat biaya adalah menjaga ruang bawah tanah tetap dalam bentuk yang sama dengan tapak lantai dasar, karena tidak ada fondasi lebih lanjut yang diperlukan untuk menopang rumah.

Di mana fondasi pengisi parit yang dalam ditentukan karena kondisi tanah, menggali sedikit lebih dalam dan menggali ruang bawah tanah layak untuk ditelusuri. Dinding lurus dan sederhana akan lebih irit biaya ketika membangunnya daripada berbentuk lekukan. Namun, jika Anda menginginkan bentuk kurva, maka gunakan bekisting beton berinsulasi.

2. Tinggi langit-langit

Langit-langit tinggi dapat meningkatkan kualitas ruang dan ruangan yang lebih besar umumnya membutuhkan langit-langit yang lebih tinggi untuk menyeimbangkan proporsinya.

Tidak ada ketinggian langit-langit minimum untuk langit-langit ruang bawah tanah, tetapi ketinggian minimum praktis adalah 2,4 meter, semakin tinggi langit-langit semakin baik. Ingatlah untuk memungkinkan insulasi dan screed menumpuk di atas pelat lantai, ditambah kelonggaran untuk pelapis lantai apa pun yang Anda terapkan di atasnya.

3. Pertimbangan Struktur Ruang Bawah Tanah

Jika tanah sedang digali atau ruang bawah tanah diperpanjang, maka dinding yang ada kemungkinan membutuhkan penopang dan struktur lantai yang ditopang menggunakan balok kayu atau baja. Ini akan membutuhkan desain dan perhitungan oleh seorang insinyur struktur. Struktur juga harus memenuhi peringkat api minimum setengah jam.

Berencana Membangun Ruang Bawah Tanah? Berikut Hal Yang Harus Di Perhatikan

4. Kamar mandi dan ruang utilitas

Pembuangan limbah dari kamar mandi, wastafel dapur, dan mesin cuci bergantung pada gravitasi, tetapi di ruang bawah tanah saluran pembuangan akan berada di atas permukaan pelat. Oleh karena itu semua air kotor harus dikumpulkan dalam bak (yang akan membutuhkan disegel dan diberi ventilasi) dan dipompa ke saluran pembuangan (atau tangki drainase di luar jaringan listrik).

5. Sarana menyelamatkan diri

jika terjadi kebakaran Jika ruang bawah tanah akan digunakan untuk tujuan layak huni, pintu atau jendela eksternal yang cocok untuk jalan keluar harus dilengkapi dengan area yang dapat dibuka tidak kurang dari 0,33 meter persegi, berukuran setidaknya 450 mm x 450 mm. Sebagai alternatif, tangga terlindung yang mengarah dari ruang bawah tanah ke pintu keluar akhir dapat disediakan.

6. Ventilasi udara

Peraturan bangunan mengharuskan ventilasi dirancang untuk memperhitungkan kadar air dalam struktur dan kualitas udara di ruang bawah tanah. Ventilasi mekanis merupakan solusi yang paling mungkin kecuali ada pintu dan jendela eksternal yang memadai.

Baca Juga : https://blog.rumahdewi.com/ingin-rumah-bebas-asap-saat-memasak-dapur-semi-outdoo-solusinya/