Agar Tidak Bocor, Berikut Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Genteng

0
1332
Agar Tidak Bocor, Berikut Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Genteng

Agar Tidak Bocor, Berikut Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Genteng – Banyak orang menganggap genteng hanyalah penutup atap rumah untuk melindungi isi dan penghuni rumah dari panas maupun hujan. Memang tidak salah, namun seringkali orang menganggap sepele terhadap genteng.

Yang penting menempel dan bisa melindungi penghuni rumah dari panas dan hujan sudah cukup. Karena kerap dianggap sepele, alhasil saat cuaca sedang tidak bersahabat, risiko atap bocor akan lebih besar. Tak hanya itu, pemasangan yang tidak baik juga dapat membuat genteng melorot dengan mudah.

Nah, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, setidaknya terdapat 5 hal yang harus diperhatikan ketika memilih genteng. Penasaran? Yuk simak langsung berikut ini!


kelas

Berikut hal yang harus diperhatikan ketika memilih genteng

Agar Tidak Bocor, Berikut Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Genteng

Model atap dan konsep bangunan

Sebelum memilih genteng, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah memperhatikan model atap dan konsep bangunan. Pilihlah model atap yang sesuai dengan model atap rumah. Biasanya model atap pelana, perisai atau limas merupakan yang paling banyak dipilih.

Tiap jenis atap membutuhkan persyaratan tertentu. Contohnya untuk genteng dari lembaran metal, maka tidak bisa menggunakan model atap yang terlalu landai. Hal tersebut guna mencegah terciptanya celah yang menyebabkan angin atau air mudah masuk ke dalam rumah. Selain itu, jika kurang kuat maka angin dapat menerbangkan atap tersebut.

Sudut kemiringan atap

Sudut kemiringan dari atap juga harus disesuaikan sesuai dengan model gentengnya. Contohnya genteng beton atau lembaran metal umumnya cocok untuk atap dengan kemiringan 1-4 derajat. Sedangkan genteng keramik atau tanah liat cocok untuk atap dengan kemiringan 27-40 derajat.


Pemilihan material genteng

Genteng sendiri terbuat dari beberapa macam material. Mulai dari beton, tanah liat, metal hingga aspal. Setiap material tentu memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Contohnya, genteng dari tanah liat memiliki keunggulan dapat menahan panas.

Sedangkan genteng dari metal mudah menerima panas dan dapat menyebabkan rumah menjadi lebih pengap. Biasanya atap yang menggunakan genteng metal akan diberi lapisan peredam panas.

Cara pemasangan

Sebelum memasang genteng, sebaiknya pastikan dahulu genteng tidak mengalami keretakan, tidak berpori dan juga tidak meresap air. Jika kamu menggunakan genteng dari tanah liat, cobalah untuk mengetuk genteng terlebih dahulu. Jika genteng berdenting, artinya pembakaran genteng sempurna dan siap dipasang pada atap.

Bagi genteng buatan pabrik lainnya, biasanya kualitasnya sudah terjain. Namun dalam proses pemasangannya, kamu harus memperhatikan jarak tumpeng tindih antar lembar genteng agar tidak terjadi kebocoran.

Pilih ukuran atap yang sesuai

Jika ukuran atap rumah besar, akan lebih baik dan efektif jika menggunakan lembaran genteng dengan ukuran yang besar pula. Selain proses pemasangannya yang lebih mudah dan cepat, risiko akan kebocoran juga berkurang.

Sedangkan untuk ukuran atap rumah yang kecil, sebaiknya gunakan lembaran genteng yang kecil pula. Karena kalau menggunakan genteng yang besar dapat berpotensi menghasilkan sisa sehingga harus dipotong lagi.

Itulah hal yang harus diperhatikan ketika memilih genteng. Semoga bermanfaat! Untuk informasi properti atau rumah dijual lainnya silahkan kunjungi : Rumahdewi.com.

LEAVE A REPLY