Bulgaria Juga Punya Gedung Tinggi Mirip Burj Al Arab

0
74
Bulgaria Juga Punya Gedung Tinggi Mirip Burj Al Arab

Bulgaria Juga Punya Gedung Tinggi Mirip Burj Al Arab – Jika membahas tentang gedung pencakar langit, tentu kota-kota maju seperti New York, London, Shanghai, Sydney, dan Dubai yang ada di pikiran kita. Memang satu dekade terakhir ini, kota-kota tersebut telah membangun banyak sekali gedung pencakar langit (skyscraper). Bahkan mereka juga berlomba-lomba untuk membuat gedung pencakar langit yang paling tinggi, mewah, mahal dan terbaik.

Baca Juga :


Bulgaria Juga Punya Gedung Tinggi Mirip Burj Al Arab

Bulgaria Juga Punya Gedung Tinggi Mirip Burj Al Arab

Nah, ternyata di negara Bulgaria yang sarat dengan struktur bangunakuno dan bersejarah dari masa Romawi, Yunani atau Ottoman ini juga memiliki gedung tinggi ala Burj Al Arab yang ada di Dubai loh. Ya, gedung tersebut memiliki nama Capital Fort Business Center.

Gedung ini memiliki ketinggian mencapai 126 meter dengan desain yang mengkilap dan modern. Meski gedung ini tidak termasuk sebagai gedung pencakar langit (skyscraper). Namun dengan adanya gedung ini dapat mengubah waja kota Sofia, Ibu Kota Bulgaria.

Lokasi gedung ini sendiri terletak di Tsarigadsko Shose Boulevard yang merupakan salah satu titik pusat kota Sofia dan menghubungkan kota Sofia dengan Bandara Sofia, dan Bulgaria Timur dan Selatan.

Capital Fort Business Center sendiri terdiri dari 2 gedung perkantoran dan didalamnya terdapat fasilitas lengkap seperti ruang konferesi, kantor bank, restoran, pusat keuangan, pertokoan, pusat kebugaran, ruang pamer, salon, dry cleaning, dan taman musim dingin.

Untuk urusan parkir, gedung ini dilengkapi dengan parkir bawah tanah dengan 750 tempat parkir. Diantara semua hal yang ada di Capital Fort Business Center, tentu bagian desain kurva yang menonjol-lah yang paling menyita perhatian. Mengapa tidak? Jika dilihat memang gedung ini memiliki desain yang mirip dengan gedung Burj Al Arab yang ada di Dubai. Hal tersebut dikarenakan desainer dari kedua gedung tersebut sama yakni ATKINS (firma arsitektur asal Inggris).

Capital Fort Business Center dirancang oleh ATKINS yang bekerja sama dengan A + A Architects. Total luas gedung ini adalah 80.000 meter persegi dan diisi oleh 30 penyewa dari berbagai perusahaan.

LEAVE A REPLY