Cara Menata Ruang Tamu Agar Tampak Luas

0
41

Cara Menata Ruang Tamu Agar Tampak Luas

Dalam arsitektur Barat, ruang tamu adalah ruangan untuk bersantai dan bersosialisasi di rumah tinggal atau rumah pangsa. Ruangan seperti itu terkadang disebut ruang depan jika berada di dekat pintu masuk utama di bagian depan rumah. Di rumah formal yang besar, ruang duduk sering kali merupakan ruang tamu pribadi kecil yang bersebelahan dengan kamar tidur, seperti Ruang Duduk Queens dan Ruang Duduk Lincoln di Gedung Putih.

Di berbagai belahan dunia, ruang tamu dirancang berbeda dan berkembang, tetapi semuanya memiliki tujuan yang sama, yakni untuk mengumpulkan penghuni rumah di ruang yang nyaman.

Konsep minimalis untuk hunian yang masih populer hingga saat ini, membutuhkan desain interior yang mendukung. Yogie, Arsitek dan desainer interior asal Malang kali ini membagikan tips agar ruang tamu yang sempit tampak lebih luas.

“Kalau memang porsi yang dipakai untuk ruang tamu cukup sempit karena lahan terbatas, diatur saja penataan dan desainnya,” katanya pada RRI, Sabtu (13/7/2024).

Kontraktor profesional ini menyarankan untuk menyulap “penampakan” saja jika memang budget yang dimiliki tidak banyak. Artinya yang berubah adalah kesan yang dirasakan saat berada dalam ruangan tersebut.

“Yang paling gampang kreasikan saja warna cat dindingnya. Kalau ruang tamunya memang sempit, pakai warna cerah atau pastel biar kelihatan luas,” katanya.

Cara Menata Ruang Tamu Agar Tampak Luas

Baca Juga : Mengenal Desain Kantilever yang Bisa Perluas Ukuran Rumah

Cara Menata Ruang Tamu Agar Tampak Luas

Ia juga membahas tentang perabot yang bisa dipilih untuk melengkapi ruang tamu, tanpa menghabiskan luasan yang ada.

“Perabotnya jangan dipaksakan yang gede ya, untuk tempat duduk misalnya, nggak perlu maksa pakai sofa set, sebaiknya pilih yang modular (satuan), yang punya sandaran punggung pendek saja, supaya tidak makan tempat dan langit-langitnya terkesan tinggi,” jelasnya.

Yogie menambahkan, jika ingin memberikan hiasan pada dinding, sebaiknya memilih yang simpel. Demikian juga untuk pernak-pernik lain yang harus menyesuaikan pula dengan luasan ruang tamu yang dimiliki.

“Biasanya yang saya sarankan perabotan yang multifungsi saja, misalnya rak penyimpanan sekaligus pemisah ruangan. Kalau perlu, kasih karpet dengan warna cerah, itu membantu juga agar ruang tamu terkesan lebih luas,” tutupnya.