Cara Mengkilapkan Perabot Kayu Dengan Bahan Alami

0
4551
cara mengkilapkan perabot kayu dengan bahan alami
cara mengkilapkan perabot kayu dengan bahan alami

Cara Mengkilapkan Perabot Kayu Dengan Bahan Alami – Perabotan menjadi salah satu unsur penting dalam sebuah rumah atau ruangan, banyak unsur yang dapat dijadikan perabot seperti besi, alumunium dan bahkan kayu. Tetapi pada biasanya perabotan berbahan kayu lebih diminati dengan berbagai alasan. Perabotan kayu walau pun banyak diminati ternyata akan terasa kurang jika tidak dilengkapi pengkilap.

Mungkin sebagian perabotan kayu memang mengkilap karena dilapisi triplek kilat, bagaimana bila bahan perabot murni kayu 100%?, bagaimana cara mengkilapkannya?.

Baca Juga :


Berikut cara mengkilapkan perabot kayu dengan bahan alami :

1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki sifat yang dapat memasuki pori pori kayu tanpa merusaknya, jadi sangat bagus untuk melindungi perabotan yang terbuat dari kayu dirumah kita.

Cukup oleskan minyak zaitun ke perabotan kayu anda menggunakan kain halus sampai merata, sebaiknya menggunakan kain microfiber agar tidak perusak permukaan perabotan kayu. Diamkan 30 menit sampai meresap, usap kembali perabotan anda agar tidak ada minyak yang menggenang di permukaan perabot

 

2. Mineral Oil
Mudah teroksidasi, tidak berbau dan bening. itulah sifat mineral oil sehingga bagus untuk mengkilapkan perabotan berbahan kayu dirumah anda. Selain mengkilapkan, mineral oil juga dapat membersihkan kotoran yang menempel pada perabotan kayu anda.

Cara pakainya cukup mudah yaitu cukup meneteskan mineral oil ke permukaan kayu lalu mengolesnya dengan busa atau kain yang halus, lakukan beberapa kali untuk mendapat hasil yang maximal.

 

3. Biji Kemiri
Biji kemiri dikenal dengan khasiatnya merawat dan menumbuhkan rambut, tetapi kandungan minyak dalam kemiri ternyata bagus juga untuk merawat perabot kayu.

Penggunaannya cukup mudah dengan cara membakar biji kemiri hingga keluar minyak, kemudian bungkus dengan kain kasa, kemudian hancurkan biji kemiri dengan dipukul sampai halus atau bubukan. Oleskan biji kemiri yang terbungkus kain kasa tadi ke perabot kayu anda dan perabot anda akan terlihat mengkilap.

 

4. Petroleum Jelly
Sifat dari petroleum jelly sendiri sebenarnya hampir sama dengan mineral oil pada point ke 2 tadi, hanya berbeda bentuk saja. Jika mineral oil tadi cair maka petroleum jelly bentuknya seperti jel. Oleh karena itu ada baiknya jelly dicampur air terlebih dahulu supaya mudah dioleskan pada permukaan perabotan.

SHARE