Mau Tahu Cara Memulai Bisnis Kontrakan? Simak Tips Berikut!

0
730
Mau Tahu Cara Memulai Bisnis Kontrakan? Simak Tips Berikut!

Mau Tahu Cara Memulai Bisnis Kontrakan? Simak Tips Berikut! – Memiliki usaha sendiri memang lebih membanggakan dari pada bekerja dengan orang lain terus menerus. Di zaman sekarang, banyak bidang yang dapat digeluti. Mulai dari industri kreatif hingga berwirausaha. Salah satu contoh bisnis yang sedang ramai digeluti adalah bisnis kontrakan.

Bisnis yang satu ini tidak akan habis dimakan zaman. Kenapa? karena seiring berjalannya waktu, angka kepadatan penduduk semakin tinggi dan juga lahan yang semakin berkurang dan mahal. Oleh karena itu banyak yang membutuhkan tempat tinggal sementara atau kontrakan.

Untuk saat ini juga bisnis kontrakan sangat mudah diwujudkan karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Namun, jika anda ingin menggeluti bidang ini, anda perlu mengetahui beberapa hal berkaitan tentang bisnis kontrakan ini.

Baca Juga :


Inilah 4 Cara Memulai Bisnis Kontrakan:

1. Modal

Hal utama yang paling penting adalah modal. Tentu jika anda ingin memulai suatu bisnis akan membutuhkan modal. Juga pastinya modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kontrakan tidaklah sedikit. Anda juga harus perhatikan bahan bangunan yang diperlukan.

Jika ingin menggunakan jasa kontraktor, pilihlah yang sudah terpercaya dan mempunyai reputasi yang baik. Anda juga bisa melakukan kerja sama dengan investor. Pilihlah investor yang dapat dipercaya dan yang mengeri arah bisnis kontrakan. Pastikan juga untuk membuat perjanjian bisnis yang jelas agar kedua belah pihak tidak dirugikan.

2. Manajemen

Manajemen tentu diperlukan dalam menjalankan bisnis agar memperoleh keuntungan yang maksimal. Anda perlu memperhitungkan dengan tepat terkait harga kontrakan anda sesuai dengan fasilitas yang ada. Anda juga harus menghitung perlu berapa lama agar bisa balik modal. Jika modal anda pinjaman dari bank, hal tersebut harus sangat diperhatikan.

Anda juga perlu menentukan jenis kontrakan yang anda pasarkan dan mempertimbangkan segala jenis kemungkinan dari jenis kontrakan pilihan anda, mulai dari segi modal, biaya operasional hingga keuntungan yang akan diperoleh nantinya.

3. Lokasi Usaha

Lokasi usaha juga menjadi salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Jika anda membangun kontrakan dan letaknya tidak strategis, pastinya tidak akan ada yang mau menyewa kontrakan anda. Jangan sampai hal tersebut terjadi. Tentukan dahulu lokasi yang akan anda tempati. Apakah lokasi tersebut strategis dan dekat dengan kampus, pusat kota, perkantoran, pusat perbelanjaan dan sebagainya.

Jika kontrakan tersebut adalah rumah tempat tinggal, Anda harus mempertimbangkan lokasi sekitarnya, apakah konsumen akan merasa nyaman dengan lingkungan yang akan ditinggalinya tersebut. Pada umumnya lokasi yang tenang dengan akses yang mudah dan berbagai fasilitas yang memadai tentunya akan lebih menarik minat konsumen.

4. Marketing dan promosi bisnis

Jika ketiga poin diatas sudah dilakukan. Anda perlu mempromosikan bisnis kontrakan anda agar diketahui masyarakat luas. Anda bisa memulainya dengan media sosial. Media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis anda. Anda juga bisa memasang iklan di media cetak seperti koran, majalah, baliho, spanduk dan sebagainya.

Bisa juga beriklan melalui radio atau menawarkan bisnis kontrakan anda dari mulut ke mulut. Anda bisa menggunakan bahasa promosi yang menarik beserta dengan gambar dan fasilitas yang menarik. Atau jika anda ingin menggaet lebih banyak lagi calon konsumen, anda bisa memasang iklan di media properti online seperti Rumahdewi.com.

Itulah cara memulai bisnis kontrakan yang dapat anda ikuti. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY