Cara Tentukan Lokasi Strategis untuk Berjualan

0
1757
Cara Tentukan Lokasi Strategis untuk Berjualan

Cara Tentukan Lokasi Strategis untuk Berjualan – Lokasi, lokasi dan lokasi. Kalimat itu kerap diucapkan para pebisnis dalam menentukan lokasi dalam membuka usaha. Ya, lokasi memang sangat menentukan laris atau tidaknya dalam berusaha.

CEO Sunpride Martin M Widjaya mengatakan, menentukan lokasi strategis untuk berjualan merupakan bagian dari strategi mengembangkan bisnis. Untuk itu, pelaku usaha harus jeli melihat potensi lokasi yang akan ramai dikunjungi pembeli.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam menentukan lokasi usaha. Dia mencontohkan lokasi tepat untuk berjualan buah.

1. Hindari Jalan dengan Kendaraan Mengebut

Dia menyarankan, tidak memilih lokasi toko di pinggir jalan di mana kendaraan yang melintas melaju dengan kencang.

“Dagangan akan sulit laku. Sebab, pembeli tidak bisa menghentikan kendaraannya dalam sekejab jika melaju kencang,” ujar Martin kepada Okezone.

2. Lihat lokasi di mana Kendaraan Kerap Berhenti

Martin mengungkapkan, pilih lokasi di mana banyak pengendara yang bisa berhenti atau parkir. Lokasi tersebut berpotensi orang melihat di sekeliling lokasi.

“Kalau dia penasaran kan, ada kesempatan dia akan datang dan keesokannya bisa beli. Penjual itu perlu waktu untuk mengumpulkan pelanggan. Jadi biarkan pelanggan mengenal dulu produk dan lokasi yang Anda jual,” tuturnya.

3. Berjualan dengan Berpindah-pindah

Memiliki toko yang bisa berpindah-pindah tempat seperti menggunakan kendaraan roda tiga, kata Martin, juga sangat menjanjikan untuk meraup pendapatan yang berlipat ganda.

“Retailer kami ada yang punya motor roda tiga, sehingga dia bisa ke tiga-empat lokasi. Misalnya, jualan di depan sekolah di saat ramai di pagi hari. Siangnya pindah lagi ke dekat pasar. Lalu pasarnya sudah sepi sekitar pukul 10.00 pagi, dia kemudian pindah lagi ke sekolahan di jam pulang sekolah, sehingga omsetnya sehari dia bisa 2-3 kali lipat,” sambung Martin.

Martin menyimpulkan, banyak trik memilih lokasi yang dapat menentukan kesuksesan sebuah usaha. Hal itu bisa dicapai dengan terus mencoba dan belajar dari pengalaman dalam menggeluti bisnis.

sumber : okezone.com

SHARE