Dekorasi dan Desain Rumah Jepang Sederhana Namun Elegan

0
3983
Dekorasi dan Desain Rumah Jepang Sederhana Namun Elegan

Gaya dekorasi dan desain rumah Jepang seperti yang kita lihat akhir-akhir ini terkesan menjadi ala kebarat-baratan, bukan merupakan gambaran yang benar dari rumah khas di Jepang sana.

Di Jepang sebuah ruangan di rumah haruslah ditata sebaik mungkin karena merupakan representasi dari karakter penghuni dan lingkungannya.

Baca Juga :

konsep-desain-minimalis-jepang

Hal pertama yang paling sering kita tahu mungkin adanya ruangan tempat menaruh barang di dekat pintu masuk rumah, semacam ruang di mana siapa saja bisa meninggalkan sepatu mereka dan alas kaki mereka agar tidak tercampur di dalam rumah. Ini adalah budaya di Jepang sejak dahulu ketika rumah-rumah mereka masih menggunakan tatami tapi hari ini walaupun banyak rumah modern yang sudah dibangun tapi mereka masih memegang teguh tradisi menaruh sepatu di dekat pintu masuk dengan filosofi memisahkan kesibukan dan keriuhan di luar rumah degan ketenangan yang didapat ketika kita di rumah

ruangan-dekat-pintu-menaruh-sepatu-dan-payung

Sebuah ruang tamu Jepang sebagian besar sangat multifungsi, sedikit berbeda dengan gaya barat, di Jepang kadang ruang tamu juga digunakan sebagai kamar tidur.

kamar-tidur-ruang-tamu-multifungsi

Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah fungsi di kamar mandi, mereka orang Jepang memilih untuk memisahkan toilet dan wastafel untuk suatu ruang seperti di tempat mencuci dan untuk mandi, dan jangan lupa untuk menaruh sandal khusus untuk kamar mandi.

ruang-mandi-modern-jepang-minimalis

Warna yang paling umum digunakan di Jepang adalah warna putih dengan hitam sebagai dasar untuk memberi efek highlight, yang terpenting adalah ketika kita berniat mendekorasi ruangan ala Jepang buatlah seharmonis mungkin sesuai prinsip Yin dan Yang.

Banyak tekstur yang diterapkan pada dekorasi dan desain rumah Jepang untuk konstruksi dan dekorasi termasuk kayu cedar untuk dinding, lantai bambu berdekorasi batu, furniture dari rotan serta bantal.

ruang-makan-jepang-minimalis

Penataan furnitur harus sedemikian rupa yang memungkinkan ada keharmonisan antara perabotan yang satu dengan yang lain, di tengah ruang misalnya dapat dijadikan focal point di mana semua fokus tertuju seperti menempatkan taman batu mini.

konsep-yin-dan-yang-taman-jepang

yang terpenting ketika kita memang ingin mendesain rumah seperti model Jepang usahakan jangan terlalu banyak perabotan dan aksen berlebih karena konsep desain Jepang sendiri adalah minimalis yang mengutamakan harmonisasi.

sumber : desainmodelrumah.com