Dome House, Hunian Tahan Gempa Dengan Bentuk Unik

0
89
Dome House, Hunian Tahan Gempa Dengan Bentuk Unik

Dome House, Hunian Tahan Gempa Dengan Bentuk Unik – Seperti yang kita ketahui, Indonesia berada di Kawasan ring of fire yang membuat Indonesia rentan akan bencana gempa bumi. Apalagi yang aktivitas vulkanik dari gunung anak Krakatau yang baru-baru saja terjadi dan menyebabkan tsunami di pesisir Banten.

Baca Juga :


Dome House, Hunian Tahan Gempa Dengan Bentuk UnikDome House, Hunian Tahan Gempa Dengan Bentuk Unik

Oleh karena itu, bangunan tahan gempa mulai banyak dikembangkan dan diaplikasikan di Indonesia, terutama di lokasi-lokasi yang rawan gempa. Salah satunya adalah Dome House atau rumah kubah. Dome House sendiri merupakan sebuah konsep hunian tahan gempa dengan bentuk mirip kubah. Konsep ini juga sudah pernah diaplikasikan di Indonesia, lebih tepatnya di Sleman, Yogyakarta.

Pada tahun 2006 lalu, Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang pernah dilanda bencana gempa. Pasca bencana gempa, banyak orang yang tertarik untuk menggunakan konsep hunian anti gempa. Dan konsep Dome House lah yang paling menarik perhatian saat itu.Dome House, Hunian Tahan Gempa Dengan Bentuk Unik

Dome House sendiri memiliki bentuk layaknya rumah igloo (rumah khas suku Eskimo). Dome House sendiri awalnya merupakan sumbangan dari pemerintah Amerika Serikat. Karena bentuknya yang unik, banyak orang yang menyebut rumah ini dengan sebutan rumah teletubies. Bahkan saat ini kawasan perumahan Dome House dikenal dengan sebutan kampung teletubies dan menjadi tujuan wisata berkat keunikannya.

Dome House memiliki keunggulan anti gempa sebab minimnya jumlah sudut dan sambungan antar bagian rumah  yang merupakan titik lemah dari bangunan ketika diguncang gempa. Tak hanya anti gempa, Dome House juga dapat menahan terpaan angin dengan kecepatan 450km/jam. Kuat banget kan?

Itulah Dome House, hunian tahan gempa dengan bentuk unik. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY