Tips Ciptakan Interior Vintage di Rumah

0
255
tips ciptakan Interior Vintage di rumah

Tips Ciptakan Interior Vintage di Rumah – Ada banyak cara untuk ciptakan suasana rumah yang nyaman. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan gaya interior tertentu yang dapat menjadi ciri khas sekaligus menggambarkan kepribadian pemiliknya. Selain itu, jika Anda memiliki konsep yang kokoh, tampilan rumah juga akan semakin cantik. Gunakan lima elemen ini di rumah Anda untuk menciptakan nuansa vintage namun sekaligus tampil modern.

Tips Ciptakan Interior Vintage di rumah

Sentuhan elemen kayu pada lantai, dinding atau plafon

Rumah bernuansa vintage banyak identik dengan sentuhan elemen kayu. Misalnya saja menggunakan lantai kayu yang belum difinishing atau meja berkarpet. Selain itu, pada bagian dinding terdapat elemen kayu yang ditandai dengan papan-papan unfinish yang disusun secara horizontal atau vertikal. Sedangkan pada area plafon biasanya dibuat area yang cukup tinggi. Konsepnya sendiri bisa berupa atap datar, lancip, atau terbuka yang memperlihatkan struktur bangunan.

Tidak harus menggunakan kayu asli, belakangan ini konsep modern vintage yang populer antara lain penggunaan motif kayu tambahan pada interior rumah. Misalnya saja keramik bertema kayu yang mampu memberikan sentuhan hangat dan natural sehingga membuat ruangan menjadi lebih elegan.

Dekorasi yang Mempercantik Ruangan

Ide lain untuk menciptakan efek vintage pada rumah adalah dengan menggunakan furnitur yang mewakili konsep gaya tersebut. Ciri khas interior vintage terutama adalah penggunaan furnitur kayu yang unfinished. Namun bahan lain seperti logam juga banyak digunakan.

Ornamen dengan ukiran melengkung atau hiasan bunga juga dapat memberikan kesan vintage yang menjadi daya tarik tersendiri. Ide lain yang bisa dimanfaatkan adalah kerajinan tangan seperti kursi anyaman atau meja tanah liat.

baca juga : Ide kombinasi warna cat Ruang Tamu

Perhatikan pencahayaannya

Ciri khas lain dari konsep vintage adalah pencahayaannya yang biasanya lemah dan memberikan kesan hangat. Selain itu, bentuk lampu yang unik juga dapat menambah kesan vintage pada ruangan di dalam rumah.

Misalnya lampu gantung atau lampu meja unik yang bisa menjadi elemen dekoratif untuk mewujudkan rumah bergaya vintage idaman. Anda bisa memilih lampu gantung dengan bingkai metal yang memiliki gaya Victorian. Nantinya, rangkaian lampu ini bisa menjadi gaya ruangan vintage yang kuat.

Gunakan Warna Pastel

Warna juga penting saat menciptakan konsep gaya vintage pada sebuah rumah. Jadi Anda bisa memilih warna-warna vintage yang identik dengan warna-warna pastel yang mewakili sisi modern dari vintage. Misalnya mint, rose atau lavender meninggalkan kesan manis yang lembut.

Selain warna dinding, warna pastel juga bisa diwakilkan dengan wallpaper, furnitur atau keramik yang menghiasi dinding. Pemilihan warna yang demikian mampu meninggalkan kesan bahagia di setiap sudut ruangan.

Seimbangkan dengan furnitur modern

Jika ingin konsep vintage terlihat lebih modern, Anda bisa memadukannya dengan furnitur minimalis dan modern untuk mendapatkan kontras yang menarik. Misalnya memadukan meja kayu vintage dengan hiasan dinding modern untuk memberikan keseimbangan pada ruangan.

SHARE