Keunggulan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Batu Marmer

0
3159
Keunggulan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Batu Marmer

Keunggulan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Batu Marmer – Lantai rumah menggunakan batu marmer? Orang-orang pasti akan berpikir bahwa hanya rumah mewah saja yang menggunakannya. Marmer lokal maupun marmer import sudah lama menjadi alternatif selain keramik.

Meskipun sudah lama, tetapi lantai dengan batu marmer masih tetap menjadi pilihan utama untuk orang yang ingin rumahnya terlihat mewah. Tetapi tidak semua orang menggunakan lantai batu marmer mengingat harganya yang cukup mahal.

Nah bagi anda yang penasaran ingin menggunakan material batu marmer, anda harus mengetahui dahulu keunggulan dan kekurangan dari batu marmer.

Baca juga : Merawat AQUASCAPE di Rumah

Kelebihan Batu Marmer

  1. Mewah

Sudah tidak diragukan lagi bahwa material batu marmer merupakan salah satu material yang mewah sehingga banyak orang yang ingin menggunakan batu marmer sebagai lantai di rumah. Batu marmer juga lebih istimewa di banding dengan keramik karena di ambil langsung dari batu  alam dan dipoles dengan bagus sehingga menciptakan bebatuan yang bagus dan mewah.

  1. Motif Eksotik

Karena bentuknya yang mewah, batu marmer sangat cocok untuk dijadikan sebagai lantai. Pilihan motif batu marmer juga sangat banyak dan bagus dari pada keramik. Dengan motif yang bercorak dapat menciptakan suasan nyaman dan mewah bagi pemilik rumah.

  1. Tidak mudah tergores

Keistimewaan lain dari batu marmer adalah tingkat ketahanan nya yang tidak mudah tergores dibanding material lantai lainnya. Batu marmer juga cukup tahan dengan goresan yang bersifat ringan, bukan goresan super kasar. Jadi batu marmer sangat cocok untuk dijadikan lantai rumah anda.

  1. Proses perawatan yang mudah

Dengan bentuk batu marmer yang khas dan halus menjadikan perawatan lantai batu marmer sangant mudah. Hanya dengan pembersihan yang standard akan membuat lantai batu marmer tetap licin, halus dan awet.

  1. Dapat menyerap panas

Batu marmer juga dapat menyerap panas. Jadi jika dijadikan lantai akan sangat cocok pada saat musim panas. Jika diluar rumah sedang panas luar biasa, maka batu marmer akan menyerap panasnya. Karena ini batu marmer sangat cocok dijadikan lantai meskipun cuaca di luar panas tetapi kondisi dalam rumah akan tetap adem.

lantai-marmer

Kekurangan Batu Marmer

  1. Mudah Terpeleset

Dengan tekstur dari lantai batu marmer yang licin dan halus, maka anda harus lebih hati-hati ketika lantai dalam keadaan basah atau terkena cairan. Jika tidak maka anda akan berpotensi terpeleset.

  1. Perawatan Ekstra

Terdapat beberapa jenis dalam batu marmer. Jika anda menggunakan batu marmer dengan corak yang unik maka anda perlu perawatan ekstra untuk menjaga nya tetap berkilau. Karena batu marmer mudah terlihat kusam jika tidak di bersihkan dengan benar. Beda jenis batu marmer maka beda juga perawatannya.

serat-motif-alami-batu-marmer

  1. Harganya Mahal

Salah satu kekurangan utama dalam batu marmer adalah harganya yang mahal. Karena modelnya yang mewah membuat harganya menjadi mahal. Mau tidak mau harus mengeluarkan dana lebih untuk mendapatkan lantai batu marmer. Apalagi terdapat beberapa jenis batu marmer. Ada pula yang motif nya bagus dan bahan yang langka maka harga jual dari batu marmer akan semakin mahal. Jika kita menginginkannya maka harus mengeluarkan uang ekstra.

  1. Susah Diperbaiki jika tergores

Satu lagi salah satu kelemahan batu marmer jika di gunakan untuk lantai yaitu diperlukan tenaga atau ahli ekstra ketika terjadi sebuah goresan yang cukup merusak peandangan eindahan marmer itu sendiri. Kadang harus memanggil tenaga ahli untuk melakukan sebuah perawatan atau perbaikan. Yach, ini juga sebuah resiko sih, ketika memiliki barang yang bagus tentu harus berani mengeluarkan baiya ekstra ketika melakukan sebuah perawatan.

sumber gambar : polesmarmerjakarta.co.id

LEAVE A REPLY