Nilai Properti di Jakarta Meningkat Berkat Kehadiran MRT

0
261
Nilai Properti di Jakarta Meningkat Berkat Kehadiran MRT

Nilai Properti di Jakarta Meningkat Berkat Kehadiran MRT – Nilai properti di suatu daerah yang meningkat dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pertumbuhan infrastruktur seperti sarana transportasi yang dapat menjadi stimulus kemajuan suatu daerah.

Hal tersebut saat ini dirasakan oleh Jakarta berkat kehadiran sarana transportasi Moda Raya Terpadu atau lebih dikenal dengan MRT.

Baca Juga :


Nilai Properti di Jakarta Meningkat Berkat Kehadiran MRT

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda mengatakan bahwa konsep hunian TOD (Transit Oriented Development) yang terintegrasi dengan transportasi massal memiliki keunggulan seperti mobilitas yang lebih mudah, mengurangi kemacetan, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Dengan aksesbilitas yang mudah dari satu wilayah ke wilayah lain, maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat juga. Jadi, dengan kehadiran MRT di Jakarta, maka konsep TOD dapat terwujud. Tak hanya pertumbuhan ekonomi saja yang meningkat, nilai properti di daerah tersebut juga akan ikut meningkat berkat ketersediaan fasilitas transportasi publik dengan konsep TOD.

Salah satu contohnya adalah Kawasan Lebak Bulus, Cilandak dan Fatmawati di Jakarta Selatan. Ketiga daerah ini terintegrasi langsung dan dekat dengan stasiun MRT. Peningkatan nilai propertinya mencapai 6 hingga 7 persen pada tahun 2016.

Pada tahun 2018, terjadi lagi kenaikan nilai properti dengan kisaran 3 hingga 7 persen. Adapun harga tanah di Cilandak berada di kisaran Rp 10 juta sampai Rp 26 juta per meter persegi, di Fatmawati sekitar Rp 15 juta sampai Rp 28 juta.

Sedangkan untuk daerah Lebak Bulus merupakan yang termahal dengan harga di kisaran Rp 15 juta sampai Rp 45 juta per meter persegi.

Bagaimana nih? Nilai properti di Jakarta meningkat berkat kehadiran MRT benar adanya bukan? Semoga bermanfaat! Untuk informasi properti atau rumah dijual lainnya silahkan kunjungi : Rumahdewi.com.

LEAVE A REPLY