Pengaruh Warna pada Interior Ruangan

0
1568
Pengaruh Warna pada Interior Ruangan

Warna memainkan peranan penting di dalam desain interior sebuah ruangan. Kita dapat membuat atmosfir yang unik di dalam suatu ruangan pada rumah kita hanya dengan “memainkan” tema warna pada ruangan. Contohnya saja, sedikit nuansa dan aksen cerah di tembok dapat mendatangkan atmosfir yang ceria, membantu kita untuk rileks, dan bahkan memotivasi kita dalam bekerja dan beraktivitas.

Indonesiaone merangkum beberapa informasi dari beberapa sumber yang menyajikan beberapa tips sederhana yang mungkin dapat membantu anda memilih tema warna dalam desain interior di rumah anda.

Pengaruh Warna pada Interior Ruangan

Hitam

hitam

Hitam adalah warna yang sangat kuat, tetapi juga simpel dan elegan. Biasanya warna hitam jarang digunakan untuk tema kamar tidur, karena nuansanya akan terlalu gelap. Tetapi warna hitam adalah pilihan yang baik untuk kamar kerja anda. Namun yang perlu diperhatikan , pastikan adanya cukup penerangan di ruangan tersebut.

Putih

putih

Putih adalah warna yang indah, tenang, dan menenangkan. Warna ini kurang cocok bila dipasangkan dengan perabot dan tema yang bersemangat ataupun desain mencolok. Warna putih sempurna bagi anda yang ingin menciptakan ruangan dengan nuansa simpel , bersih, dengan atmosfir yang rileks

Ungu

ungu

Fakta yang unik, bahwa warna ungu dapat menambah nuansa romantis bagi pasangan suami istri. Warna ungu merupakan warna yang ideal untuk kamar tidur. Warna ungu merupakan salah satu warna favorit dalam desain interior modern, dan paling sering dikombinasikan dengan warna abu-abu.

Biru

biru

Biru adalah warna yang termasuk dalam kategori “cool color”, yang sering dihubungkan dengan nuansa air dan udara. Karena itulah, warna biru sering digunakan pada interior kamar mandi. Nuansa biru laut ( turquoise ) juga cocok digunakan sebagai dekorasi kamar tidur. Warna biru muda ( soft blue ) sangat cocok dipadukan dengan warna putih yang membuat atmosfir ruangan terasa segar dan cerah.

Hijau

green

Coklat

coklat

Merah

merah

Warna merah adalah warna yang melambangkan gairah dan energi. Warna ini sangat cocok pada ruangan rekreasi atau hiburan seperti ruang keluarga atau ruang bermain anak. Perlu diingat, untuk tidak berlebihan menggunakan warna merah karena justru dapat menimbulkan kesan panas.

Pink

pink

Ada banyak orang yang cenderung menghindari warna yang satu ini karena dianggap terlalu bernuansa wanita. Namun, sebenarnya ada banyak variasi dan nuansa merah muda yang dapat membuat interior ruangan anda terlihat segar dan mewah. Warna Pink seringkali dipilih untuk kamar bayi ataupun kamar mandi.

Oranye

orange

Yellow

kuning

Warna yang ceria dan cerah ini sangat cocok digunakan sebagai warna pelengkap seperti karpet kuning, sofa, dan perabot lainnya. Warna kuning pada umumnya jarang digunakan sebagai tema warna utama. Apabila anda ingin mewarnai tembok anda dengan warna kuning, pilihlah kuning soft dan jangan kuning yang mencolok agar menimbulkan rasa nyaman dan teduh.

sumber : indonesiaone.org

SHARE

LEAVE A REPLY