Melindungi Perabot Kayu Dari Rayap

0
75
melindungi perabot kayu dari rayap
melindungi perabot kayu dari rayap

Melindungi Perabot Kayu Dari Rayap – Rayap termasuk jenis serangga yg besar tubuhnya cuma sekitar 3 mm. Selain lunak, jalannya sangat lambat. Namun, rayap termasuk binatang purba karena sudah ada sejak 200 juta tahun silam, atau lebih tua dari manusia. Rayap sendiri memiliki tiga kelompok. Yaitu rayap kayu kering, rayap pohon, dan rayap tanah. Pada musim tertentu, rayap menjadi laron dan beterbangan di bawah sinar lampu secara berpasang-pasangan. Setlah melepas sayapnya, pasangan rayap itu melakukan perkawinan dan mencari lokasi bagi membuat koloni.

Berat tubuh rayap sekitar 2,5 miligram. Sedangkan satu ekor rayap memerlukan mkanan sekitar 0,24  miligram setiap hari.

mkanan pokok rayap adalah kayu. Dari 4000 jenis kayu yg ada di Indonesia, hanya sekitar 10 persen yg anti rayap. Misalnya kayu ulin, merbau, sengon laut, kayu laut. Kayu jati termasuk tahan rayap, tapi tidak sebaik kayu ulin.

Baca Juga :


Berikut melindungi perabot kayu dari rayap :

    1. Jika anda menyukai Jati dengan warna alami anda dapat memoles mebel jati anda dengan minyak jati, biasanya untuk mebel diluar ruangan yang warnanya sudah memudar ( menjadi warna perak ), atau dengan memoples ulang kembali furniture antik, setidaknya 2 – 3 tahun sekali untuk membuatnya tetap menawan.
    2. Tempatkan furniture antik Anda di tempat yang memiliki suhu normal dan tidak lembab. Usahakan pula agar furniture tersebut tidak terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat furniture Anda terlihat kusam, lapisan ru melengkung.
    3. Bersihkan sela-sela ukiran atau sudut furniture jati atau teak furniture dengan menggunakan kuas halus berukuran kecil. Di titik-titik inilah debu dan jamur sering bersarang. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yang susah dijangkau dengan kain lapn kuas dengan halus sampai bersih.
    4. Setiap penanganannya juga harus dilakukan dengan hati-hati misalnya, cara memindahkan sebuah kursi antik harus diangkat dari bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang bagian lengan atau sandarannya saja. Karena Anda tidak akan pernah abila sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya.
    5. Permukaan mebel jati yang sudah dibersihkan dengan pledge harus dibersihkan dengan kainemudian dibiarkan kering. Kain ball bisa dibeli di toko bangunan / material.
    6. Bersihkan furniture jati antik anda dengan cara di atas paling tidak satu bulan sekali. Untuk pembersd furniture harian, cukup sapu permukaan mebel atau meja kayu anda dengan kemoceng secara merata.
    7. Gunakan pledge untuk membersihkan permukaan furniture indonesia. Semprotkan pledge ke permukaan mebel dan sela-siture kayu. Semprotkan seperlunya. Jangan sampai berlebihan. Pledge bisa anda dapatkan di toko furniture atau pasaran.
    8. Jagalah permukaan furniture dengan baik,menghindari adanya goresan, noda maupun warna yang semakin kusam, misalnya dengan selalu menggunakan taplak di atas permukaan meja atau kursi daiberi busa sebagai alasnya. Taplak tersebut dapat meminimalkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat merusak mebel antik Anda secara perlahan.

 

SHARE

LEAVE A REPLY