Begini Tips Agar Suasana Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

0
2703
Begini Tips Agar Suasana Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

Begini Tips Agar Suasana Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC – Sekarang ini kebanyakan rumah sudah dilengkapi AC (Air Conditioner) agar rumah sejuk. Nah, karena penggunaan AC yang sering, tentu saja pengeluaran anda akan semakin boros.

Pemakaian listrik untuk AC juga cukup boros apalagi jika dipakai seharian. Untuk itu, anda dapat menyiasatinya dengan berbagai tips dibawah ini agar rumah anda tetap sejuk tanpa menggunakan AC.

Baca Juga :


Berikut tips agar suasana rumah tetap sejuk tanpa AC.

Pasang tirai pada jendela

Agar menghindari rumah dari panas matahari yang masuk melalui jendela, anda dapat memasang tirai pada jendela anda. Gunakan tirai dengan warna yang menyejukkan seperti warna biru, hijau atau cokelat.

Buka jendela sejenak pada malam hari

Saat musim panas, udara malam hari cenderung lebih rendah. Sebelum tidur Anda dapat membuka sejenak jendela untuk membiarkan udara dingin masuk ke dalam rumah dan kamar Anda.

Jangan lupa untuk menutup kembali jendela sebelum Anda tertidur. Untuk keamanan, pastikan jendela Anda sudah terpasan teralis.

Trik kipas angin

Jika udara sedang sangat panas, memutar kipas angin biasa tak akan cukup memberikan udara sejuk. Anda dapat menyiasatinya dengan cara sederhana, yaitu dengan menaruh semangkuk es batu di hadapan kipas angin. Suhu es batu yang dingin akan membantu menyejukkan udara. Udara akan sejuk meski tanpa AC

Matikan alat elektronik yang tidak digunakan

Selalu matikan komputer, lampu, televisi, dan peralatan elektronik lainnya yang sedang tidak digunakan. Peralatan elektronik yang aktif juga mengeluarkan suhu panas meski sedikit. Meminimalisasi penggunaan peralatan elektronik otomatis memangkas suhu panas dalam ruangan.

Jangan gunakan lampu pijar

Hindari menggunakan lampu pijar untuk penerangan di dalam rumah. Untuk diketahui, sebanyak 90 persen cahaya yang dihasilkan lampu pijar berasal dari energi panas yang dipancarkan. Hal ini secara tak langsung akan membuat suhu di dalam rumah menjadi lebih panas.

Cat rumah dengan warna yang sejuk

Gunakan warna-warna teduh, seperti hijau, biru, krem sebagai cat rumah Anda. Dan, hindari warna-warna mencolok. Warna-warna yang teduh akan membantu memberikan efek sejuk di dalam rumah.

Perhatikan suhu tubuh anda

Untuk membantu menyejukkan tubuh, Anda dapat menggunakan baju berbahan katun atau baju tipis yang menyerap keringat. Hal ini akan membantu menjaga suhu tubuh. Anda juga dapat menyejukkan suhu tubuh dengan sesekali meminum air dingin.

Itulah tips agar suasana rumah tetap sejuk tanpa ac. Semoga bermanfaat.

SHARE