Mau Belanja Furnitur Online Aman? Simak Tips Berikut!

0
2022
Mau Belanja Furnitur Online Aman? Simak Tips Berikut!

Mau Belanja Furnitur Online Aman? Simak Tips Berikut!

Belanja furnitur online aman – Kemajuan teknologi kini semakin mempermudah aktivitas harian kita, termasuk di dalamnya urusan berbelanja. Hanya dengan satu sentuhan jari, barang yang diinginkan pun akan segera dikirimkan ke rumah Anda.

Ya, berbelanja secara online kini memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Kepercayaan masyarakat akan transaksi online juga mendorong suburnya industri e-commerce belakangan ini. Di antaranya, toko-toko online yang khusus menjual furnitur.

Baca Juga :

Serupa dengan membeli baju atau kosmetik, belanja furnitur juga perlu perhatian yang detil. Selain harganya yang tidak murah, kesalahan dalam memilih produk juga bisa membuat Anda menyesal di kemudian hari. Akan tetapi, memilih metode online untuk berbelanja furnitur membuat Anda bisa membandingkan harga dengan cermat dari satu toko ke toko lainnya.

Dan supaya proses belanja furnitur online aman dan berjalan lancar serta menguntungkan, simak beberapa tips belanja furnitur online aman berikut ini.

Pilih Toko Online yang Tepat

Ada banyak toko online yang menjual furnitur dan dekorasi rumah. Pilihlah toko yang sudah dikenal dan memiliki kredibilitas baik. Hal tersebut bisa dilihat dari ulasan atau komentar pembeli yang sudah pernah berbelanja di website tersebut. Anda bisa melacaknya dari sosial media, artikel blog, atau forum tanya jawab. Dengan begitu Anda bisa menentukan apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak.

Setelah menemukan toko online furnitur yang terpercaya, maka Anda bisa mulai membandingkan satu per satu. Mulai dari variasi produk yang ditawarkan, harga, promosi, dan layanan pembelian. Sangat penting memilih toko online yang memiliki layanan pembeli (customer service) yang cepat dan tanggap.

Perhatikan Detail Produk

Membeli produk online artinya Anda harus memiliki bayangan visual yang baik mengenai suatu produk. Pertama, pahami dimensi atau ukuran furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan. Ukur dengan mendetail mulai dari panjang, lebar atau tingginya.

Perhatikan juga warna dan desain produknya dengan cermat, apakah sesuai dengan desain interior yang sudah dikonsepkan.

Dengan harga yang ditawarkan, pahami material apa yang digunakan. Sebaiknya pilih bahan yang berkualitas dan tahan lama. Terakhir, perhatikan pula berat benda, karena berkaitan dengan proses pengiriman dan perawatan Anda.

Sistem Pengiriman

Setelah menemukan produk yang ingin Anda beli, pelajari sistem pengiriman yang dilakukan oleh toko online. Tanyakan bagaimana cara mereka mengemas barang yang dijualnya. Jangan sampai ketika produk tiba di rumah ditemukan cacat yang terjadi akibat proses pengiriman.

tanyakan juga apakah mereka menawarkan jasa pemasangan. Jika tidak pastikan mereka memberikan petunjuk pemasangan yang mudah untuk dipraktekkan sendiri.

Karena furnitur rata-rata memiliki ukuran yang besar, maka biaya pengiriman terkadang membuat total harga pembelian jadi membengkak, terlebih jika Anda tinggal di luar kota. Untuk itu lakukan komparasi antara harga barang dengan harga pengiriman sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Namun, ada pula beberapa toko online yang menawarkan ongkos pengiriman secara gratis.

Garansi Pembelian

Sama halnya dengan membeli produk secara offline, pembelian furnitur melalui toko online juga harus disertai dengan garansi. Karena dalam proses pengiriman, sangat mungkin terjadi kerusakan yang menyebabkan cacat produk tanpa disengaja. Tanyakan kepada penjual berapa lama garansi pembelian yang mereka sediakan.

Lalu, apakah mereka menerima pengembalian produk jika ternyata furnitur yang dikirim tidak sesuai dengan bayangan Anda? Hal-hal demikian perlu ditanyakan supaya pengalaman membeli furnitur online Anda berjalan dengan lancar dan tanpa meninggalkan kekecewaan.

Sumber : okezone.com

SHARE